Timbul Milia di Wajah, Ini Cara Menghilangkannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 481 2351621 timbul-milia-di-wajah-ini-cara-menghilangkannya-0fbBrd2X9N.jpg Ilustrasi milia di wajah. (Foto: Shutterstock)

PERNAH melihat benjolan kecil berwarna putih seperti jerawat atau komedo di wajah? Mungkin sebagian bingung, karena sulit menghilangkannya. Perlu Anda tahu, benjolan kecil itu disebut milia.

Dikutip dari laman Times of India, Rabu (27/1/2021), milia merupakan kista yang berisi keratin di bawah kulit. Keratin adalah protein yang terdapat pada lapisan luar rambut.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Mangga untuk Mengurangi Kerutan Wajah 

Kondisi kulit tersebut bisa terjadi pada siapa saja, dan tidak ada hubungannya dengan usia atau jenis kulit. Milia biasanya muncul di wajah pipi atau di sekitar mata dan hidung.

Ilustrasi wajah. (Foto: Medical News Today)

Biasanya milia dapat terjadi pada siapa saja dan terkadang tidak ada sebab khusus mengapa benjolan itu muncul. Namun sebagian ahli menilai bahwa milia terjadi saat keratin terperangkap dan membentuk gelembung kecil di kulit.

Kemudian milia bisa terjadi ketika kulit mati tersumbat di permukaan kulit. Bahkan trauma kulit, seperti luka bakar, infeksi, dan lecet dapat menyebabkan milia.

Baca juga: 5 Perawatan Wajah Sebelum Tidur yang Perlu Anda Ketahui 

Lantas, apakah milia bisa dihilangkan?

Anda bisa menghilangkan milia, tapi caranya bukan dipencet seperti halnya jerawat atau komedo. Cara ini justru akan menyebabkan kulit menjadi iritasi dan membuat luka.

Salah satu cara menghilangkannya adalah datang ke dokter. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan melakukan sayatan. Tenang saja, ini tidak menimbulkan rasa sakit dan ahli kulit dapat dengan mudah menghilangkannya, yakni menggunakan jarum atau pisau bedah. Bisa juga memanfaatkan laser.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini