Epidemiolog: Vaksinasi Dapat Mencegah Penyebaran Covid-19 Jenis Baru

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 481 2351642 epidemiolog-vaksinasi-dapat-mencegah-penyebaran-covid-19-jenis-baru-9Pk3iywXbL.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Medical Xpress)

Temuan Covid-19 jenis baru belakangan ini, yang cara penularannya lebih cepat, membuat masyarakat harus lebih berhati-hati. Oleh karena itu tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang menerima vaksinasi tahap pertama diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih aman.

Epidemiolog Universitas Indonesia (UI), dr. Pandu Riono, MPH, Ph.D mengatakan, selain menjalankan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, vaksinasi bisa jadi solusinya.

 pandemi Covid-19

Ia mencontohkan di Kota Wuhan, China dapat bangkit kembali setelah diserbu pandemi. Di mana kawasan tersebut merupakan awal mula corona muncul.

Hal ini disebabkan warga Wuhan bersedia mematuhi protokol kesehatan, serta setuju divaksin Covid-19. Ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona lebih luas, apalagi saat ini muncul jenis baru.

"Bisa mengendalikan pandemi ini lebih cepat, seperti yang dilakukan banyak negara," ujar dr. Pandu dalam diskusi daring Forum Diskusi Salemba bertajuk Mitigasi Varian Baru SARS CoV-2 dan Dampaknya terhadap Vaksin SARS CoV-2 di Indonesia, Rabu (27/1/21).

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI menuturkan, dengan menjaga produktivitas masyarakat maka Covid-19 jenis baru ini akan dapat diatasi, dan tidak membuat banyak korban akibat terinfeksi virus ini.

"Sekarang harus seimbang antara kesehatan dengan sosial," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini