5 Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kulit, Bisa Cegah Tanda Penuaan Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 481 2351725 5-khasiat-minyak-biji-bunga-matahari-untuk-kulit-bisa-cegah-tanda-penuaan-lho-Z2AbkEEzwK.jpg Minyak biji bunga matahari memberi banyak khasiat untuk kesehatan kulit. (Foto: Jcomp/Freepik)

PERAWATAN kulit menggunakan bahan alami sering dijadikan pilihan untuk mendapatkan kondisi yang mulus dan glowing. Bahkan ada beberapa ramuan perawatan kulit yang tidak banyak disadari memiliki khasiat menakjubkan. Salah satunya minyak biji bunga matahari.

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan dan digunakan untuk memasak, minyak biji bunga matahari juga bagus untuk perawatan kulit agar tetap cantik. Mengandung banyak vitamin dan mineral esensial, minyak biji bunga matahari mudah menyerap serta dapat mengembalikan kulit dari hampir semua masalah.

Baca juga: Alami Kulit Kering? Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan 

Berikut ini manfaat minyak biji bunga matahari untuk kulit yang perlu Anda terapkan ke dalam rutinitas perawatan, seperti dilansir Boldsky.

1. Melembapkan kulit

Minyak biji bunga matahari sangat efisien dalam meremajakan kulit dan digunakan dalam formulasi kosmetik. Ini karena minyak tersebut dapat melembapkan serta melawan kekeringan kulit.

Studi menunjukkan minyak biji bunga matahari dapat meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga lapisan luar kulit. Asam linoleat yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari memiliki sifat melembapkan yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin E yang meresap jauh ke dalam kulit untuk melembapkan dan menjaga kulit dari dalam.

Bunga matahari. (Foto: Montypeter/Freepik)

2. Melawan jerawat

Minyak biji bunga matahari mengandung bahan alami nonkomedogenik yang menutrisi kulit tanpa menyumbat pori-pori kulit. Jadi, Anda bisa menggunakan minyak ini tanpa perlu khawatir berjerawat.

Vitamin E adalah salah satu antioksidan alami yang ditemukan berlimpah dalam minyak biji bunga matahari. Ini bisa melindungi kulit dari radikal bebas untuk mencegah masalah jerawat.

Minyak biji bunga matahari juga bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang mencegah bakteri penyebab jerawat sehingga mengurangi kemungkinan munculnya jerawat.

Baca juga: Diminta Ganti Nama Sang Putri, Asmirandah: Terima Kasih Buat Sarannya

3. Mencegah tanda penuaan

Sifat antioksidan pada minyak biji bunga matahari dapat mencegah tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Berkat vitamin E yang sangat kuat, penggunaan minyak bunga matahari dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit mulus, berkilau, dan awet muda.

4. Melindungi dari sinar matahari

Minyak bunga matahari memiliki sifat pelindung matahari yang alami. Vitamin A dan C yang dikandungnya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kulit tetap sehat dan halus.

Asam lemak dan asam linoleat dalam minyak ini juga dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan paparan sinar matahari berbahaya.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Serum Kulit Wajah, Atasi Kerutan hingga Jerawat 

5. Memperbaiki kulit secara keseluruhan

Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak dalam minyak biji bunga matahari penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin A, C, D, dan E serta mineral seperti tembaga, seng, dan zat besi yang terkandung sangat bermanfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit serta melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Minyak biji bunga matahari. (Foto: Jcomp/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini