Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Aman untuk si Kecil

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 481 2351918 ciri-ciri-rumah-sehat-dan-aman-untuk-si-kecil-zWtxSxRHpi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-anak lebih sering menghabiskan waktu di rumah di masa pandemi Covid-19 ini. Pastinya orangtua perlu memerhatikan kondisi rumah yang sehat agar bebas penyakit.

Apalagi kekhawatiran orangtua terhadap penularan virus corona tak dapat dipungkiri sejak setahun belakangan. Bukan hal mudah untuk menjaga kesehatan anak-anak di masa sekarang ini.

Namun pastikan rumah Anda tetap sehat dan tetap memastikan mematuhi protokol kesehatan saat pergi keluar rumah.

Dokter Spesialis Anak dr Lucy Amalia SpA, MKes mengatakan, tanpa disadari di lingkungan sekitar banyak bakteri, virus dan jamur. Apalagi di dalam rumah itu ruangan tertutup yang membuat mikroorganisme bisa menempel.

"Ya, virus, bakteri dan jamur bisa menempel di alat rumah tangga, meja, kursi, lantai tembok dan ini area eksplorasi untuk anak, mereka suka megang-megang ," katanya saat webinar Mowilex Mewarnai Indonesia Baru

Lebih lanjut, dr Lucy juga akan menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi rumah tetap sehat. Berikut ulasan selengkapnya yang telah dirangkum Okezone, Rabu (27/1/2021).

Sirkulasi udara bagus

Jendela

Sirkulasi udara di dalam rumah sangat perlu diperhatikan. Pastikan sirkulasi bagus, ada ventilasi, rumah terpancar dengan sinar matahari dan batasi jumlah orang yang ada di dalam satu rumah.

"Jadi semua jendela dan pintu, pagu-pagi harus dibuka. Sayangnya di negara ini kan panas, maka AC nonstop. Padahal harus ada sirlukasi udara di masa pandemi ini terpajan sinar matahari," jelasnya.

Sering membersihkan rumah

Semua sudut ruangan harus dibersikan minimal sehari sekali. Selain mencegah bakteri virus dan jamur, rumah Anda juga rentan muncul tungau yang juga berbahaya.

"Kalau keluarga ada alergi atopi dan ini merangsang reaksi alergi itu. Maka tiap hari kebersihan tempat tidur, sprei, tirai tempat mainan anak itu harus terjaga," terangnya.

dr Lucy menambahkan, saat membersihkan rumah, anak tidka boleh ada di dalam ruangan. Usai membersihkan rumah, Anda juga perlu menyemprot disinfektan untuk permukaan tertentu.

Menjaga kesehatan

 

Tak hanya kesehatan anak, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan orang dewasa, teritama diri sendiri.

"Sekarang juga yang harus diperhatikan adalah di masa pandemi orang di luar yang enggak WFH, ketika masuk dalam rumah, virus bakteri akan ikut serta di badannya, itu juga harus dibersihkan maka harus sering diperhatikan," tuturnya.

dr Lucy juga mengingatkan bahwa ada banyak jenis bakteri dan virus yang mengintai di dalam rumah. Paling sering adalah virus yang menyerang pernapasa, corona virus, rotavirus, bakteri streptococcus, stafilokokus, hingga salmonella.

"Ini sangat berbahaya, semua bisa masuk ke tubuh anak yang imunnya kurang bagus," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini