5 Efek Samping Sering Mewarnai Rambut, Apa Saja?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 611 2351770 5-efek-samping-sering-mewarnai-rambut-apa-saja-udzyCJJFMT.jpg Mewarnai rambut (Foto: Style Craze)

Rambut merupakan mahkota bagi para wanita. Banyak dari mereka yang sangat menjaga dan melindungi rambutnya agar terhindar dari kerusakan rambut.

Tidak jarang dari mereka juga sering mewarnai rambut untuk menjaga penampilan agar tetap menarik. Tak hanya wanita, pria zaman now juga suka mewarnai rambut lho!

Tetapi mewarnai rambut ternyata juga dapat merusak rambut Anda. Seperti dilansir dari Times of India, berikut efek samping mewarnai rambut.

 mewarnai rambut

1. Merusak rambut Anda

Setelah diwarnai, rambut akan lebih rentan terhadap kerusakan. Minyak berlebih, angin, kotoran, sinar UV yang berbahaya, dan hal lainnya dapat membuat rambut menjadi sangat kusut dan kusam. Anda juga bisa menghadapi beberapa masalah seperti rambut rontok, ujung bercabang, rambut kering, dan kerusakan rambut lainnya. Bahkan, ini juga dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau berhenti sekaligus.

2. Tingkat kelembapan menurun

Rambut yang diwarnai akan kehilangan kelembapannya, kemudian menjadi sulit untuk menjaga keseimbangan protein di dalamnya juga. Dengan demikian, rambut Anda menjadi rentan terhadap kerusakan rambut karena bahan kimia yang kuat.

3. Melukai kulit kepala

Anda mungkin merasakan sensasi terbakar di kulit kepala Anda setelah melakukan pewarnaan rambut. Sensasi ini bisa bertahan beberapa saat setelah pewarnaan selesai, karena bahan kimia kuat yang ada dalam produk pemutih.

4. Rambut menjadi kering

Proses pewarnaan rambut bisa membuat rambut Anda sangat kering dan tidak bernyawa karena oksidasi.

5. Rambut berubah warna

Salah satu efek samping utama dari pewarnaan rambut adalah mengalami rambut yang berubah warna. Anda akan lebih rentan mengalami perubahan warna rambut jika Anda melakukan pewarnaan rambut di rumah dengan mengaplikasikan zat pewarna dalam proporsi yang tidak tepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini