Bunda, Begini 5 Cara Membersihkan Mainan Mandi Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 612 2351758 bunda-begini-5-cara-membersihkan-mainan-mandi-anak-f4MmJ3v8lU.jpg Mainan mandi anak (Foto: Best Products)

Studi penelitian tahun 2018, mendapati bahwa mainan mandi anak (bath toys) cukup rentan sebagai media tempat berkembang-biak dari patogen oportunistik dan organisme yang tidak diinginkan.

Penelitian yang sama menemukan bahwa setiap bath toys anak yang diteliti terbukti positif ada jamur dan biofilm lainnya, termasuk feses.

 mainan mandi anak

Dokter Anak Jennifer Foersterling, M.D. mengatakan, meskipun sistem imun anak-anak seharusnya bisa melawan patogen tersebut. Tapi kotornya mainan mandi anak, bisa berdampak negatif terhadap anak-anak yang punya imun lemah atau memiliki alergi.

“Bayi dan anak-anak dengan sistem kekebalan yang lemah, atau mereka yang alergi jamur mungkin lebih terpengaruh. Jamur dan bakteri dapat menyebabkan penyakit pernapasan yang serius, contohnya asma dan infeksi paru-paru pada kelompok orang rentan tersebut,” kata Dokter Jennifer.

Lalu bagaimana cara membersihkan mainan mandi alias bath toys anak, sesuai dengan rekomendasi dokter anak? Mengutip Parents, Rabu (27/1/2021) yuk simak paparan singkat 5 cara membersihkan bath toys anak di bawah ini.

1. Cuci dengan pemutih

Gunakan diluted bleach (pemutih yang diencerkan) untuk membersihkan bath toys. Caranya dengan menggunakan rasio 1:10 agar semuanya bisa disinfeksi. Pastikan untuk mengisi tempat-tempat di mana air masuk dengan larutan pemutih lalu keringkan semua mainan yang terendam air untuk menghindari anak menelan campuran pemutih. Dokter Jennifer, menyarankan setelah disinfeksi semua mainan harus dibilas sampai bersih. "Saya merekomendasikan untuk membilas pemutihnya itu setelah mainan dibersihkan, lalu biarkan mainan benar-benar kering sepenuhnya, “kata Dokter Jennifer.

 

2. Cuci dengan larutan cuka

Tidak mau pakai pemutih? Bisa coba cara lain yakni dengan larutan cuka. Tapi sebagai catatan, Dokter Jennifer mengimbau jika membersihkan bath toys memakai larutan cuka maka cuka yang dipilih adalah larutan cuka yang betul-betul kuat. “Cuka tidak seefektif seperti pemutih, dan cuka ini harus digunakan dengan kekuatan penuh dan mainan direndam dalam waktu yang lama,” jelasnya.

3. Manfaatkan dishwasher

Solusi ketiga ini jadi solusi yang cepat dan lebih mudah. Jika punya mesin dishwasher di rumah, letakkan mainan mandi anak di rak atas mesin pencuci piring lalu nyalakan dishwasher dengan mode hot cycle. Voila! mainan anak pun jadi bersih! Tapi ingat, disarankan sebaiknya Anda memeriksa rekomendasi produsen dishwasher terlebih dahulu sebelum menggunakan metode ini, karena ada beberapa bath toys yang tidak kompatibel dengan mesin pencuci piring.

4. Rebus di air panas

Metode mudah lain membersihkan mainan anak dari jamur dan kotoran, adalah dengan merebus mainan-mainan ini di panci besar berisi air panas. Cukup didihkan air, lalu masukkan mainan menggunakan penjepit dapur. Biarkan mainan terendam dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dan letakkan di atas handuk dengan hati-hati agar mainan benar-benar kering.

5. Dilap dengan tisu disinfektan

Cara mudah lainnya, yakni dengan menyiapkan tisu basah khusus, tisu basah disinfektan. Banyak varian bath toys yang sebetulnya mudah untuk dibersihkan, sehingga bisa dibersihkan dengan cara dilap dengan seksama memakai tisu basah disinfektan. Dengan catatan, selama tidak ada tempat di mainan tersebut yang jadi tempat air bisa masuk.

“Menyeka bath toys setiap anak selesai mandi, dan mengeringkannya sampai benar-benar kering di antara sesi waktu mandi, seharusnya sudah cukup baik,” ujar Dokter Jennifer.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini