Vaksin Covid-19 Mulai Disuntikkan, WHO Tetap Ingatkan Pentingnya Pakai Masker

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 612 2351857 vaksin-covid-19-mulai-disuntikkan-who-tetap-ingatkan-pentingnya-pakai-masker-PMC4sfY6iD.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH resmi memulai vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Istana Merdeka hari ini. Meski demikian pemerintah menganjurkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan 3M.

Salah satu protokol kesehatan yang kerap diabaikan masyarakat adalah penggunaan masker. Padahal masker sangat diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19. Namun penggunaan masker juga tidak boleh sembarangan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (27/1/2021), berikut masker kain yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO).

WHO merekomendasikan masker kain non-medis yang memiliki tiga lapisan

1. Lapisan paling dalam, yang bersentuhan dengan wajah dari bahan yang mudah menyerap cairan, tidak menimbulkan iritasi pada kulit, dan dapat menahan droplet. Contohnya: katun, atau campuran katun lain, handuk, katun outfit, dan flanel.

2. Lapisan tengah dari bahan non tenun yang mudah digunakan untuk bernapas dapat meningkatkan filtrasi dan menahan droplet. Misalnya: polipropilena, spunbond, poliester, dan poliaramid.

3.Lapisan paling luar dari bahan kedap air yang dapat membatasi pengotoran dari luar serta menjaga dan mencegah akumulasi air sehingga tidak menutupi pori-pori kain. Contohnya: polipropilena, spunbond, poliester, atau campuran lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini