Deretan Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya Kopi Luwak

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 298 2352313 deretan-kopi-termahal-di-dunia-salah-satunya-kopi-luwak-5NmXaWY6LX.jpg Ilustrasi minuman kopi. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

KOPI adalah salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya orangtua, minuman ini sudah banyak menarik perhatian semua kalangan usia.

Seiring kepopuleran kopi, kedai-kedainya pun makin menjamur. Mereka menyajikan banyak jenis menu kopi. Kemudian harganya juga bervariasi, ada yang paling murah hingga mahal.

Baca juga: Bermodal Grinder, Anda Bisa Lho Bikin Kopi Enak Kapan Saja 

Tapi tahukah Anda, kopi apa yang termahal di dunia? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari laman Wealthy Gorilla, Kamis (28/1/2021).

Kopi. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1. Black ivory coffee

Kopi yang berasal dari Thailand ini berkisar di harga USD1.000 atau Rp14.109.000 per pon. Black ivory coffee memiliki proses produksi yang unik yaitu menggunakan peran gajah. Jadi, mereka diberi makan kopi arabika yang kulitnya sudah merah. Kemudian biji tersebut diambil setelah dipilah dari kotorannya. Dalam rangkaian proses ini, biji kopi yang sedang dicerna gajah akan mengambil rasa baru dari enzim sambil memecah protein yang menyebabkan rasa pahit pada kopi. Sehingga, black ivory coffee memiliki rasa yang lembut dan unik.

2. Finca el injerto

Kopi finca el injerto dibanderol mahal karena kelangkaannya. Ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut, kopi ini dibanderol USD500 atau sekira Rp7 juta per pon.

Baca juga: Tak Disangka, Minum Kopi Bisa Hasilkan 5 Kebaikan Ini untuk Kesehatan 

3. Hacienda la esmeralda

Hacienda la esmeralda adalah kopi yang dihasilkan dari perkebunan di sisi Gunung Baru, Panama. Harganya berkisar USD350 atau sekira Rp4,9 juta per pon. Kopi ini telah memantapkan diri sebagai salah satu produsen terbaik dengan mendapatkan basis pelanggan di seluruh dunia.

4. Kopi luwak

Kopi luwak sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Keunikan proses pembuatannya yang membuat kopi luwak mahal. Biji kopi diberikan ke luwak atau musang agar dicerna di dalam perutnya. Lalu biji kopi dikumpulkan dari kotorannya, sehingga menghasilkan kopi luwak yang memiliki harga sekira Rp2,2 juta per pon.

Baca juga: Selain Kopi, Yuk Cobain 5 Minuman Sehat Ini untuk Awali Pagimu 

5. St Helena

Kopi St Helena dibanderol USD79 atau Rp1,1 juta per pon. Harga yang tinggi tersebut dipengaruhi letak geografis tanaman kopinya berasal yaitu kira-kira 1.200 mil dari pantai barat Afrika. Wilayah ini dikenal cukup sulit perihal ekspor. Namun dengan penetapan harga premium hal ini bisa dilakukan untuk mengirimkan kopi yang disukai banyak orang tersebut.

Kopi. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini