Yuk Kenali Vaksin Covid-19, Tak Kenal Maka Tak Kebal

Okezone, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 481 2352246 yuk-kenali-vaksin-covid-19-tak-kenal-maka-tak-kebal-nwxVV3Ml1z.jpg Podcast Vaksin Tak Kenal Maka Tak Kebal (Foto : MNC Media)

Di masa pandemi saat ini, masyarakat tengah menyiapkan diri jelang vaksinasi covid-19. Berbagai informasi dan pembahasan lengkapnya dapat didengarkan di program Healthy Life MNC Trijaya FM di Aplikasi RCTI+.

Narasumber pertama seorang pakar imunisasi yaitu Dr. Elisabeth Jane Supardi dan narasumber kedua seorang peneliti Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) yaitu Win Kus Haryoto. Selain itu, ada juga juru bicara program vaksinasi covid-19 dari BPOM yaitu Dr. Lucia Rizka Andalusia. Dalam program Healthy Life Trijaya FM ini, para pendengar Trijaya FM juga dapat berpartisipasi melalui pertanyaan.

Di sesi pertama sebagai pembuka, pertanyaan langsung diberikan kepada Dr. Lucia, “Bagaimana kabar izin penggunaan darurat dari vaksin sinovac ini?” Dr. Lucia pun menjawab, “tentunya sudah ditetapkan ya, bahwa pemberian vaksin harus dilakukan setelah mendapat izin dari BPOM, saat ini kita tengah melakukan evaluasi terhadap data-data dan sekarang kita sedang menunggu tahapan akhir dari analisis yang dilakukan oleh peneliti di Bandung”.

Podcast

Selanjutnya, pertanyaan kepada Dr. Jane, “Sebenarnya bagaimana prosedur vaksinasi dok? supaya bisa dipahami oleh masyarakat Indonesia”. Dr. Jane menjawab, “iya jadi ini untuk vaksin covid -19 di seluruh dunia, caranya ini berbeda sekali dengan vaksin-vaksin sebelumnya. Karena saat ini kita sedang dalam masa pandemi.

Jadi, kalau dulu kita bisa tenang udah ada vaksin nya dulu, izin edar dari BPOM udah ada, lalu tinggal orang-orangnya dilatih. Tapi saat ini kita tidak bisa seperti itu, jadi BPOM belum keluarkan izin edar, kita sudah distribusikan vaksinnya, supaya nanti itu semua jadi berbarengan lalu orang-orangnya.” ungkap Dr. Jane menjawab pertanyaaan.

Baca Juga : Epidemiolog Sebut Vaksin Covid-19 Bukan Solusi Tunggal Atasi Pandemi

Menyinggung soal efek samping, dijelaskan bahwa vaksin ini bukan kepada efek samping melainkan efek simpang. Dimana kalau efek samping itu pasti, jika orang meminum obat tertentu dia akan mengantuk, namun berbeda pada vaksin sinovac yang akan muncul di kemungkinan tertentu pada tubuh seseorang, biasanya seperti muncul kemerahan, meriang, pegel.

Podcast

Namun tidak semua bisa mengalami itu, dan hanya dalam waktu yang singkat tidak berjangka panjang. Itu mengapa dinamakan sebagai efek simpang, penjelasan dari Dr. Jane.

Selanjutnya pertanyaan kepada Win Kus Haryoto, “Apa yang harus dipersiapkan oleh setiap keluarga untuk menyongsong program vaksinasi covid-19?” Win Kus Haryoto menjawab, “Yang paling lazim adalah persiapan mental ya, meskipun saya yakin vaksin ini sudah aman. Protokol kesehatan yang biasanya dijalankan juga sebenarnya merupakan sebuah vaksin yang sudah kita peroleh karena disiplin kita sendiri.”

Bagaimana jika masih ada keraguan bagi masyarakat akan vaksinasi covid-19? Dengarkan penjelasan selengkapnya hanya di Podcast Trijaya FM Healthy Life eksklusif hanya di RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3187

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com.

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+.

Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya.

Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

• Website: https://www.rctiplus.com/

• Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/

• Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus

• Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/

• Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in

• App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini