Cek Fakta: Kombinasi Air kelapa, jeruk nipis dan Madu Bisa Hilangkan Covid-19?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 481 2352271 cek-fakta-kombinasi-air-kelapa-jeruk-nipis-dan-madu-bisa-hilangkan-covid-19-gikAs1sbbe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AIR kelapa memang memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh dari mengontrol tekanan darah hingga mencegah gangguan jantung serta ginjal. Air kelapa pun dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Meski begitu, bukan berarti air kelapa bisa 100 persen menangkal virus corona Covid-19. Nah, baru-baru ini kembali beredar bahwa campuran air kelapa, jeruk nipis, garam dan madu bisa mengatasi virus Covid-19.

Faktanya, campuran air kelapa, jeruk nipis, garam dan madu hanya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Belum ada bukti klinis yang menyebutkan bahwa campuran bahan-bahan tersebut dapat menyembuhkan seseorang dari virus corona atau menghilangkan virus tersebut dari dalam tubuh pasien.

Tolong bantu dikasih tahu ke saudara² kita yg kena Covid-19 atau yg akan test Rapid dan Swab.

Ini obat herbal yg manjur sekaligus anugerah dari TUHAN yg mudah didapat dan tersedia di lingkungan kita utk membunuh virus.

 

🥥 1 biji air kelapa muda

:melon: 1 biji jeruk nipis diperas

🥄1/2 sendok teh garam

🥃 2 sendok madu

 

Semuanya diaduk dan diminum airnya. Dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang dan hasil test Rapid/Swab negatif.

Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat.

 

Bisa di infokan ke saudara, teman atau keluarga kita. Semoga bermanfaat.

 

Indahnya berbagi. :+1:sudah di uji coba.

Beredar narasi yang menyebutkan bahwa campuran air kelapa, jeruk nipis, garam dan tambahan madu, ampuh digunakan sebagai obat untuk membunuh virus corona. Selain itu disebutkan juga bahwa jika mengonsumsinya 1 jam sebelum tes swab, akan memberikan hasil tes negatif.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata narasi tersebut adalah hoaks. Terkait dengan khasiat dalam masing-masing bahan yang disebutkan, belum ada bukti pasti tentang korelasinya dalam menyembuhkan pasien Covid-19 secara langsung.

Melansir hoax buster di situs covid19.go.id, epidemiolog sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam dapat membuat tubuh kita kuat melawan virus.

“Namun, dia bukan obat. Campuran minuman itu bukan obat yang secara spesifik berguna untuk melawan suatu penyakit,” kata Tonang.

Sekadar informasi, hoaks ini merupakan hoaks lama dan berulang, yang juga pernah muncul di bulan Agustus dan September.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini