Dokter Imbau Warga Pakai 2 Masker Sekaligus?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 481 2352316 dokter-imbau-warga-pakai-2-masker-sekaligus-Dykc7B2NNO.jpg Pakai 2 masker (Foto: Reuters)

Program vaksinasi tak menghentikan masyarakat untuk menggunakan masker. Penyebaran Covid-19 jenis baru yang lebih cepat pun perlu dikhawatirkan. Oleh karena itu dokter menyarankan warga menggunakan dua masker sekaligus sekarang.

Peneliti di Virginia Tech menemukan fakta bahwa menggunakan dua masker kain sekaligus meningkatkan proteksi dari virus sebesar 75 persen. Jika satu lapis, proteksi masker sebesar 50 persen. Nah, beda dengan masker medis yang bisa memproteksi sebesar 90 persen paparan partikel.

 pandemi Covid-19

Penggunaan dua masker sekaligus disarankan oleh dokter jika Anda bepergian, berbelanja, atau berkumpul dengan teman atau bekerja. "Dua masker sekaligus harus dipakai dengan benar, yaitu menutupi mulut, hidung, dan dipakai sampai di bawah dagu," kata Dr Mark Burns dari UofL Health dilansir dari KFV12.

Sementara itu, sampai saat ini masker N95 masih menjadi alat pelindung diri yang paling efektif menghalau virus. Tapi, benda yang satu ini jarang ditemukan dan sebaiknya dipakai hanya untuk mereka yang kontak dekat dengan pasien Covid-19.

"Masker N95 proteksinya mencapai 95 persen, tapi menjadi barang langka dan sebaiknya digunakan di fasilitas kesehatan oleh para tenaga kesehatan yang bertemu dengan pasien Covid-19," kata laporan itu.

Sampai saat ini, Indonesia belum menemukan kasus Covid-19 jenis baru. Sementara itu, beberapa negara seperti Amerika ataupun Singapura sudah menemukan kasus infeksi virus Covid-19 yang berasal dari Inggris tersebut.

Menjadi upaya proteksi yang baik jika masyarakat sudah melakukan tindakan penggunaan dua masker sekaligus supaya memberi rasa aman dan tenang karena setidaknya Anda meminimalisir risiko paparan Covid-19 generasi pertama ataupun jenis baru tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini