6 Kesalahan Paling Sering Dilakukan saat Mencuci Tangan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 612 2352446 6-kesalahan-paling-sering-dilakukan-saat-mencuci-tangan-3VPfKsRHtb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENERAPAN Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) menjadi hal penting yang wajib di lakukan selama masa pandemi.

Salah satu protokol kesehatan yang masih sering diabaikan adalah mencuci tangan. Upaya mencegah infeksi Covid-19 nyatanya tidak hanya dengan intensitas seseorang dalam mencuci tangan, tapi cara setiap individu dalam melakukannya.

Sebagian orang menilai mencuci tangan adalah hal yang mudah. Nyatanya masih banyak orang yang salah saat mencuci tangan. Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19 @satgas.relawan pun membagikan 6 kesalahan saat mencuci tangan.


Menyentuh benda lain setelah mencuci tangan

Benda lain yang disentuh, masih bisa mengandung bakteri atau virus. Pastikan kebersihan barang yang akan disentuh dengan memakai pengaman saat menyentuh atau membersihkan terlebih dahulu benda yang akan disentuh.

Tangan dibiarkan basah

Bakteri dan virus mudah berkembang biak di tempat yang lembab. Gunakan tisu atau lap kain pribadi untuk mengeringkan tangan untuk mencegah perkembangbiakan bakteri dan virus.

cuci tangan

Hanya bersihkan telapak tangan

Virus dapat menempel di bagian tangan mana saja. Gosok dan bersihkan seluruh bagian tangan.

Mencuci tangan dalam waktu yang sebentar

Diperlukan waktu selama minimal 20 detik untuk membunuh bakteri dan virus.

Tidak langsung mencuci tangan setelah beraktivitas

Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin, terutama setelah beraktivitas di ruang publik.

Tidak pakai sabun

Air saja tidak efektif untuk menghilangkan bakteri dan virus yang menempel pada tangan. Gunakan sabun dan air mengalir untuk melawan virus.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini