9 Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas Ya, Ketahui Dampaknya

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 298 2353123 9-makanan-ini-jangan-disimpan-di-kulkas-ya-ketahui-dampaknya-VzkGXOtrjU.jpg Ilustrasi makanan disimpan di dalam kulkas. (Foto: Freepik)

MENYIMPAN makanan di dalam kulkas terbukti bisa membuat awet dan mencegah kebusukan. Misalnya untuk makanan daging, telur, dan susu. Tapi perlu diketahui bahwa itu tidak berlaku pada beberapa jenis makanan.

Mengutip dari The Healthy, Jumat (29/1/2021), beberapa ahli memberitahukan makanan apa saja yang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas. Kemudian bagaimana menyimpannya yang baik dan benar.

Baca juga: Berapa Lama Daging Mentah Bisa Disimpan di Kulkas? 

Apa saja makanan-makanan itu? Berikut ini daftarnya.

1. Tomat

Ahli diet Dana Greene mengatakan, "Suhu dingin akan memengaruhi tekstur dan rasa pada tomat matang." Maka itu, ingatlah untuk selalu menyimpannya di suhu ruangan saat tidak dimakan.

2. Kentang

Hindari menyimpan kentang di dalam kulkas. Menurut Public Health England, hal ini karena akan membuat kandungan pati kentang berubah menjadi gula lebih cepat, dan saat dimasak menghasilkan akrilamida kimia penyebab kanker.

Kentang

3. Labu

Daripada menyimpan labu di kulkas, lebih baik di tempat yang sejuk dan gelap. Ahli diet Robin Foroutan menjelaskan bahwa bagian keras pada kulit labu sudah dapat melindungi dagingnya tersebut.

Baca juga: Merasa Sering Lemas? Coba Konsumsi 4 Santapan Ini Deh 

4. Pisang

Menurut Robin Foroutan, suhu dingin dapat memperlambat proses matangnya pisang. Jadi, lebih baik membiarkannya di suhu ruangan.

5. Mentega

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), mentega yang disimpan di dalam kulkas akan menjadi tengik dan pastinya mengeras. Roti akan lebih baik jika dibiarkan pada suhu ruangan agar ketika digunakan jadi lebih mudah.

6. Roti

Menyimpan roti di dalam kulkas mungkin akan mempertahankan umur simpannya dan mencegah timbulnya jamur. Tapi ini akan sangat berpengaruh pada teksturnya yang menjadi kering dan perubahan rasa.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan 

7. Melon dan semangka

Tidak heran jika di supermarket atau pasar saja kedua buah ini disimpan pada suhu ruangan. Lakukanlah hal yang sama saat membelinya.

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, semangka yang berada di suhu ruangan akan memiliki dua kali lipat jumlah antioksidan dan betakaroten. Selain itu, likopennya pun lebih banyak 20 persen daripada yang disimpan dalam kulkas. Namun jika membeli buah ini dalam bentuk potongan, menaruhnya di suhu dingin adalah hal yang terbaik.

Buah melon

8. Bawang bombai dan bawang putih

Kedua bawang ini akan lebih baik jika disimpan pada suhu ruangan, tempat yang sejuk, kering, dan gelap.

Baca juga: 10 Camilan Sehat yang Cocok untuk Pertumbuhan Remaja 

9. Alpukat

Jika alpukat belum matang, simpanlah di suhu ruangan. "Saat ingin membuatnya segera matang, simpanlah di dalam kantong bersamaan dengan pisang. Gas etilen pisang akan mempercepat proses pematangan alpukat," saran ahli diet Robin Foroutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini