4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Pulihkan Kondisi Tubuh

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 298 2353183 4-makanan-ini-baik-dikonsumsi-setelah-olahraga-pulihkan-kondisi-tubuh-S9Wm5BM8rw.jpg Buah dan sayuran hijau baik dikonsumsi usai olahraga. (Foto: Marijana1/Pixabay)

TERNYATA ada makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Pasalnya, makanan ini bisa memulihkan kondisi tubuh dan memaksimalkan hasil olahraga.

Menurut pakar kesehatan Stacie Stephenson DC, waktu terbaik makan adalah setelah detak jantung kembali normal, biasanya terjadi dalam 10 hingga 20 menit usai olahraga.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini saat Makan Malam, Nomor 6 Paling Bahayakan Kesehatan 

Sementara makanan yang mengandung protein adalah yang terpenting untuk perbaikan dan pembentukan otot. Adapun karbohidrat bisa menstabilkan kadar gula darah serta mencegah pemecahan otot.

Lalu apa saja makanan yang baik dikonsumsi usai berolahraga? Berikut ini di antaranya, seperti dirangkum dari Insider, Jumat (29/1/2021).

Ikan cod. (Foto: Boldsky)

1. Ikan atau ayam

Ikan dan ayam merupakan protein tanpa lemak yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga. Ini memungkinkan tubuh mendapatkan nutrisi utuh seperti leusin, isoleusin, dan valin daripada harus memakan daging sapi.

2. Kinoa

Kinoa merupakan biji-bijian yang termasuk dalam makanan super. Kinoa ini sudah mengandung kedua nutrisi penting yang baik dikonsumsi setelah olahraga yaitu protein dan karbohidrat. Ini dapat dikombinasikan dengan ikan atau ayam.

Baca juga: 9 Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas Ya, Ketahui Dampaknya 

3. Alpukat

Salah satu buah yang baik dikonsumsi karena mengandung lemak baik yang tinggi. Seratnya dapat memuaskan rasa lapar dengan tetap menjaga kesehatan. Sebagai tambahan proteinnya, makanlah bersama telur rebus atau buncis.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan diet seimbang yang diperkaya mikrotinuen dan vitamin. Ini juga memberikan kalsium dan zat besi yang bantu perbaiki otot, mengatur metabolisme, sebagai tambahan energi, dan memperkuat tulang.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini