Jangan Malas Mandi, Ini 6 Efek Buruknya terhadap Kesehatan

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 481 2352796 jangan-malas-mandi-ini-6-efek-buruknya-terhadap-kesehatan-JjcbZ4VAYZ.jpg Malas mandi ternyata bisa menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

MALAS mandi bisa terjadi pada siapa pun. Sebaiknya hal ini dihindari karena dapat menimbulkan hal-hal buruk terhadap kesehatan. Pasalnya dengan malas mandi berarti mengabaikan kebersihan diri.

Jangan sampai malas mandi. Minimal rajin mandi setidaknya sehari sekali. Malas mandi juga akan menimbulkan bau badan dan nyatanya bisa membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Malas Mandi Bisa Ganggu Kesuburan ReproduksiĀ 

Berikut ini deretan efek buruk yang disebabkan malas mandi, sebagaimana dirangkum dari Bustle, Jumat (29/1/2021).

1. Banyak bakteri

Mandi sesungguhnya dapat meningkatkan rasio bakteri baik dalam tubuh dan membunuh bakteri jahat. Saat tidak mandi berarti tidak ada lagi pasokan bakteri baik sehingga melemahkan tubuh dan rentan sakit akibat berkembangnya bakteri jahat.

"Tubuh terpapar bakteri sepanjang harinya dan berisiko terkena berbagai jenis infeksi kulit dan dada," jelas pakar kesehatan dr Aishah Muhammad MD.

Ilustrasi kamar mandi

2. Rentan sakit

Saat tubuh sama sekali tidak dibersihkan, ini akan menjadi sarang kuman yang bisa turunkan imunitas. Kuman bisa masuk lewat mata, mulut, dan hidung. Dokter Aishah Muhammad mengatakan, "Dengan tidak bersih-bersih, Anda lebih mungkin memiliki risiko terkena flu atau infeksi karena kuman."

Baca juga: Kenapa Vaksin Covid-19 Diberikan 2 Kali? Begini Penjelasannya

3. Kulit beruntusan

Tidak mandi membuat kulit beruntusan yang disebabkan banyaknya minyak di tubuh. Ini karena lapisannya atau sebum menumpuk dan menyumbat pori-pori bersamaan dengan bakteri yang makin berkembang.

4. Bau badan

Dikarenakan menumpuknya bakteri saat tidak mandi, maka mereka akan mengonsumsi protein dan asam lemak tubuh, sehingga mengeluarkan gas yang tidak enak. Selama tidak mandi dan tubuh terus mengeluarkan keringat, bau badan akan makin menyengat.

Baca juga: Terinspirasi dari Cuci Mobil, Pria Ini Ciptakan Alat Mandi OtomatisĀ 

5. Kulit kering

The National Eczema Organization menyarankan mandi setidaknya sekali sehari untuk mengembalikan kelembapan kulit. Ini efektif untuk hilangkan penumpukan kulit mati dan bakteri.

"Dengan malas mandi akan menimbulkan kulit mati bertumpuk dan membuatnya kering serta gatal," kata dr Aishah Muhammad.

Baca juga: 5 Kesalahan Cara Mandi yang Justru Bikin Gangguan KesehatanĀ 

6. Rambut berminyak

Selama sebum yang dihasilkan rambut masih wajar akan membuatnya terlihat bersinar alami. Namun jika terjadi penumpukan, justru membuatnya sangat berminyak.

Dokter Aishah Muhammad menjelaskan, "Tidak keramas dalam beberapa hari akan menyebabkan penumpukan sebum, kotoran, dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang bisa membuatnya gatal."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini