Novavax Klaim Vaksinnya Punya Efikasi hingga 89%

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 481 2352944 novavax-klaim-vaksinnya-punya-efikasi-hingga-89-ShU0xtYXe5.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: USC News)

Perusahaan biotech Novavax baru saja merilis kabar terbaru terkait eksperimen pengembangan vaksin Covid-19.

Kamis 28 Januari kemarin, perusahaan biotech Novavax mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan, memiliki persentase efektif mencapai 89,3% dalam mencegah Covid-19, seperti dilapor Nbc News, Jumat (29/1/2021).

Hasil uji klinis fase 3 Novavax di Inggris, disebutkan memperlihatkan efikasi (kemanjuran) dari vaksin. Sekaligus menunjukkan bahwa vaksin ini juga bisa digunakan untuk melawan varian baru virus corona dari Inggris.

 Vaksin Covid-19

Sementara, hasil percobaan di tempat lainnya, yakni di Afrika Selatan, memperlihatkan vaksin ini juga efektif terhadap varian virus yang muncul di sana, meskipun tingkat kemanjurannya lebih rendah.

Stanley Erck, President dan CEO Novavax menyebutkan, hasil uji klinis yang ada telah memperlihatkan kalau vaksin yang mereka kembangkan berpotensi jadi ‘pemain penting’ dalam upaya mengatasi krisis kesehatan global karena Covid-19 saat ini.

Novavax sendiri sedang melakukan uji coba vaksin tak hanya di Amerika Serikat, tapi juga di Inggris, Meksiko dan Afrika Selatan.

Analisis sementara dari uji coba yang di Inggris, yang mana melibatkan lebih dari 15.000 peserta dengan rentang usia 18 hingga 84 tahun, menemukan bahwa vaksin itu 95,6 persen efektif melawan virus. Selain itu juga, 85,6 persen efektif melawan varian virus corona Inggris yang ditengarai lebih menular.

Temuan ini, didasarkan pada 62 infeksi di antara peserta uji coba, yang menerima vaksinasi dua dosis atau plasebo. Enam dari infeksi yang diamati terjadi pada kelompok yang mendapat vaksin.

Sementara pada uji klinis fase 2 di Afrika Selatan, menunjukkan hasil efikasi 49,4%. Studi penelitiannya dilakukan dengan skala lebih kecil, melibatkan kelompok orang yang lebih sedikit yakni hanya sekitar 4.400 peserta yang banyak di antaranya adalah orang dengan positif HIV.

Novavax menyebut, untuk peserta yang negatif HIV, angka efikasinya lebih tinggi yakni 60% efektif mencegah gejala Covid-19.

Analisis yang dikeluarkan Novavax dalam uji coba di Afrika Selatan ini, berdasarkan pada 44 infeksi di antara peserta uji coba, yang mana ada 15 kasus dilaporkan dalam kelompok peserta yang mendapat vaksin.

Perusahaan melaporkan 90% dari kasus Covid-19 yang dianalisis dalam uji coba disebabkan oleh varian virus Afrika Selatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini