Mengenal Covid Tongue, Calon Gejala Baru Covid-19?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 481 2352951 mengenal-covid-tongue-calon-gejala-baru-covid-19-dioRnx1vy0.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Today Show)

Kabar kurang baik kembali datang seputar perkembangan penyakit Covid-19. Kali ini mengenai kondisi kesehatan yang disebut Covid Tongue, yang kemungkinan bisa berpeluang menjadi gejala baru dari Covid-19.

Covid tongue dilaporkan oleh seorang peneliti di Inggris, Tim Spector, Profesor Epidemiologi Genetik di King’s College London, sekaligus peneliti yang ikut melacak tanda peringatan Covid-19).

 tanda Covid Tongue kanan

Tim melaporkan banyak kasus dari orang-orang yang terinfeksi mengaku mengalami perubahan warna pada lidah, pembesaran dan masalah mulut lainnya, seperti dilapor Today, Jumat (29/1/2021).

“Melihat pertambahan angka Covid tongue dan sariawan yang aneh, jika Anda punya gejala yang aneh atau hanya sekedar sakit kepala dan kelelahan. Tetap tinggal di rumah!,” tulis Tim di akun Twitter pribadinya.

Tim menyakini lebih dari 1/3 pasien Covid-19 atau sekira 35% pasien mengalami gejala non-klasik Covid-19 ini di tiga hari pertama.

“Jadi penting untuk memperhatikan ruam-ruam di kulit, bagian jari kaki (Covid toes) dan sinyal-sinyal lainnya yang diabaikan,” lanjutnya.

Senada dengan Tim, para peneliti lainnya juga melaporkan kasus gejala pada lidah dan mulut terkait dengan varian virus corona yang baru.

Untuk diketahui, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, ketika para dokter, mempelajari 666 orang pasien positif Covid di Spanyol, lebih dari sepersepuluhnya atau sekitar 78 orang menunjukkan ada temuan di rongga mulut.

Di grup tersebut 11% mengalami inflamasi pada benjolan kecil di permukaan lidah, 6% lainnya mengalami lidah bengkak dan meradang dengan lekukan di samping, 6% juga menderita sariawan, 4% terlihat ada area yang 'tidak rata' di lidahnya dan sebanyak 4% mengalami pembengkakan jaringan di mulut.

Selama ini, masalah di area lidah dan mulut (selain sakit tenggorokan) memang tidak ada dalam daftar deretan gejala Covid-19 yang dikumpul dan dipublikasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), meski CDC mengakui bahwa mereka masih terus mempelajari soal virus corona baru sehingga laman yang memuat deretan daftar gejala Covid-19 belum memasukkkan semua pertanda sinyal peringatan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini