10 Manfaat Vitamin B12 untuk Kulit dan Rambut, Bikin Sehat Luar-Dalam

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 481 2353022 10-manfaat-vitamin-b12-untuk-kulit-dan-rambut-bikin-sehat-luar-dalam-qzwNicToAU.jpg Ilustrasi asupan sehat mengandung vitamin B12. (Foto: Oasisdodgepark)

MERAWAT kesehatan kulit dan rambut tidak cukup hanya dari luar. Harus juga mendapat asupan nutrisi yang tepat supaya tetap indah dan sehat. Salah satunya melalui vitamin B12.

Ini merupakan vitamin sehat yang dibutuhkan tubuh manusia untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang penting bagi tubuh manusia agar berfungsi normal.

Baca juga: Ini Rekomendasi Vitamin untuk Pasien Covid-19, Bantu Proses Penyembuhan 

Vitamin B12 juga sering disebut cobalamin. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk tubuh, kulit, dan rambut. Berikut ini berbagai manfaat vitamin B12 untuk kecantikan dan rambut, seperti dilansir Boldsky.

1. Mencegah kulit kusam

Penyebab utama kulit kusam adalah kekurangan vitamin B12 dalam tubuh. Vitamin B12 dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap, serta menjaga tekstur kulit. Jumlah vitamin B12 yang tepat di dalam tubuh dapat mencegah munculnya keriput pada kulit.

Ilustrasi sakit kulit. (Foto: Women and Sport)

2. Menyembuhkan kulit rusak

Jumlah vitamin B12 yang cukup dalam tubuh dapat membantu menyembuhkan kulit yang rusak dan juga membuat kulit segar dan tampak bersih.

3. Merawat kulit pucat

Vitamin B12 membantu mengontrol pembentukan sel dalam tubuh dan juga meningkatkan usia sel. Vitamin B12 bisa meningkatkan cahaya kulit dari dalam. Sekira 70 persen orang yang menderita kelainan kulit akibat kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

Baca juga: Ingin Kulit Selalu Sehat? Rajin Konsumsi 4 Vitamin Ini Ya 

4. Mencegah tanda penuaan

Tambahkan vitamin B12 dalam asupan makanan karena dapat membuat kulit tampak lebih muda. Asupan Vitamin B12 mencegah tanda-tanda penuaan dan munculnya kerutan di wajah.

5. Mencegah eksim dan vitiligo

Vitamin B12 dapat mengobati eksim sepenuhnya dan juga membunuh virus yang menyebabkan munculnya eksim di dalam tubuh. Asupan vitamin B12 yang cukup juga mengobati vitiligo pada seseorang. Vitiligo adalah suatu kondisi kulit yang menyebabkan adanya bercak putih pada kulit.

6. Membuat kuku kuat dan sehat

Sekira 60 persen orang yang mengalami kuku rapuh dan lemah karena kekurangan vitamin B12. Supaya kuku sehat dan kuat, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 dalam tubuh.

7. Mencegah rambut rontok

Vitamin B12 tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga mencegah kerontokan rambut. Rambut rontok dini terjadi karena kekurangan Vitamin B12 dalam tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan folikel rambut kurang bergizi sehingga rambut rontok dan juga menghambat pertumbuhan rambut.

Baca juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh, Coba Konsumsi 3 Vitamin Ini Yuk 

Ilustrasi rambut. (Foto: Times of India)

8. Mempercepat pertumbuhan rambut

Jika mengalami kerontokan rambut atau pertumbuhan rambut lambat, maka Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Sebab,ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dari dalam tubuh. Jika jumlah Vitamin B12 cukup di dalam tubuh, folikel rambut menerima nutrisi dan protein yang tepat sehingga membantu pertumbuhan kembali rambut yang hilang.

9. Mendukung pigmentasi rambut

Melanin adalah sejenis asam amino, juga dikenal sebagai tirosin yang penting untuk mendukung pigmentasi dan warna rambut. Jumlah Vitamin B12 yang tepat dapat mendukung melanin untuk meningkatkan pigmentasi dan mempertahankan warna asli rambut.

Baca juga: Hadapi Polusi Udara, Konsumsi 3 Vitamin yang Baik untuk Paru-Paru Yuk 

10. Menjaga rambut sehat dan kuat

Vitamin B12 menghasilkan jenis protein dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerusakan. Vitamin B12 sangat penting untuk mengembangkan sistem saraf dan pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini