Hindari Kesalahan Ini saat Makan Malam, Nomor 6 Paling Bahayakan Kesehatan

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 481 2353150 hindari-kesalahan-ini-saat-makan-malam-nomor-6-paling-bahayakan-kesehatan-1gF5MaOfe6.jpg Ilustrasi hidangan makan malam. (Foto: Wirestock/Freepik)

TERNYATA masih banyak kesalahan saat makan malam. Misalnya terkait pilihan menu makan malam. Jika tidak berhati-hati dari sekarang, hasilnya dapat sangat berakibat fatal untuk kesehatan.

Ketika aktivitas fisik mulai menurun di malam hari, Anda disarankan makan malam ringan demi menghindari gangguan pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Resep Steam Ayam Kampung, Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang 

Meskipun makan malam ringan memiliki aturan yang umum, ternyata ada banyak aturan lain yang sering diabaikan dan tidak diketahui.

Mengutip dari Times of India, Jumat (29/1/2021), berikut ini enam kesalahan saat makan malam yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Ilustrasi makan. (Foto: Freepik)

1. Tidak minum sebelum makan

Minum air sebelum makan dapat membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Ini merupakan langkah pertama untuk menjaga berat badan sehat. Jika berat badan ideal, kemungkinan terkena obesitas atau penyakit kardio lainnya akan kecil.

2. Gunakan microwave untuk panaskan makanan dalam plastik

Memanaskan makana di dalam plastik dengan microwave ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Anda akan mengonsumsi banyak bahan kimia yang tentunya tidak sehat.

Wadah yang tidak aman untuk microwave dapat melarutkan BPA dan ftalat ke dalam makanan, terutama pada hidangan berlemak. Bahan kimia ini diduga mengganggu endokrin yang membuat hormon mengganggu sel sehat.

Baca juga: Resep Ikan Acar Kuning, Santapan Nikmat untuk Makan Malam Bareng Keluarga 

3. Makan malam tanpa sayuran

Jika piring Anda tidak pernah terisi banyak buah dan sayuran, bisa mengundang berbagai masalah kardiovaskular di masa mendatang. Sesuai penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan American Society for Nutrition pada 2019, 1 dari 12 orang meninggal karena penyakit kardiovaskular dan stroke akibat tidak cukup makan sayuran.

4. Tidak memasukkan protein

Penelitian telah menemukan bahwa tidak mengonsumsi protein saat makan malam membuat seseorang lebih cepat lapar dan akhirnya menambah kalori ekstra. Kalori ekstra berarti penambahan berat badan yang dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Cara Membuat Hidangan Cumi Panggang Tanpa Bau Amis 

5. Makan dengan sangat cepat

Menelan makan malam terlalu cepat dapat membuat tubuh gemuk dan membahayakan jantung. Hal ini juga berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada konferensi ilmiah American Heart Association pada 2017.

Orang yang makan dengan cepat yang berkisar sebanyak 11,6 persen lebih mungkin mengalami sindrom metabolik atau kelainan cluster, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi. Hal ini juga mempercepat penambahan berat badan.

Baca juga: Nikmatnya Pindang Seafood, Rasanya Nendang di Lidah! 

6. Langsung tidur setelah makan

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh American Cancer Society, duduk untuk waktu senggang yang lama atau langsung tidur dapat mengundang risiko kematian yang tinggi dari 14 penyebab umum kematian. Studi tersebut melibatkan 127.554 orang yang tidak memiliki penyakit kronis selama 21 tahun.

Terbukti bahwa orang yang tidak melakukan gerakan apa pun setelah makan malam memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat kanker, jantung, diabetes, stroke, penyakit ginjal, penyakit hati, paru-paru, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, dan gangguan saraf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini