Noda Pakaian Jangan Bikin Panik, Bersihkan Pakai 7 Bahan Rumahan Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 612 2352814 noda-pakaian-jangan-bikin-panik-bersihkan-pakai-7-bahan-rumahan-ini-AgAs23QPqb.jpg Bahan rumahan pembersih noda pakaian. (Foto: Ana Cadena/The Spruce)

NODA pakaian tentunya tidak bisa dihindari. Beberapa dari noda itu bahkan sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas yang sangat jelas terlihat.

Saat detergen saja dirasa kurang mempan untuk menyingkirkan noda pakaian, Anda mungkin bisa mempertimbang penggunaan bahan-bahan rumahan sebagai alternatifnya.

Baca juga: Kenali Pertolongan Pertama untuk Obati Pakaian yang Kena Noda 

Apa saja bahan-bahan rumahan pembersih noda pakaian tersebut? Simak deretannya, seperti dinukil dari The Spruce, Jumat (29/1/2021).

1. Soda kue

Soda kue merupakan bahan dapur yang efektif untuk hilangkan bau dan menjaga cucian tetap segar. Tidak perlu khawatir juga untuk memilah-milah kain mana yang cocok untuk dibersihkan dengan soda kue karena ini aman untuk semuanya, termasuk pakaian tidur anak-anak. Padukan bahan alami ini dengan detergen untuk hasil yang lebih baik.

Noda di pakaian. (Foto: Shutterstock)

2. Jus lemon dan jeruk nipis

Asam asetat pada jus lemon dan jeruk nipis merupakan pemutih alami. Gunakanlah dengan baik untuk menghilangkan noda di kain putih. Jika tidak sengaja menumpahkannya di kain berwarna, segera bilas sebelum membuatnya pudar.

Baca juga: Rekam Pemakaman Soo Yoo Jung Tanpa Izin, Agensi Tuntut Garo Sero

3. Cuka putih

Cuka putih adalah bahan dapur lainnya yang dapat digunakan sebagai pelembut pakaian, menghilangkan noda jamur, menghilangkan bau, dan mencerahkan pakaian. Selain itu, cuka putih juga lebih aman daripada pemutih klorin. Menambahkan cuka putih pada bilasan terakhir akan membuat pakaian lembut dan segar. Mesin cuci juga ikut bersih dan bau apeknya hilang.

4. Hidrogen peroksida

Untuk noda yang membandel, seperti noda kuning pada bagian ketiak, cipratan cat, kari, gunakanlah hidrogen peroksida. Ini merupakan oksidator yang efektif putihkan pakaian.

5. Boraks

Boraks merupakan mineral alami yang terdiri dari natrium, boron, oksigen, dan air. Gunakan boraks sebagai tambahan dalam detergen untuk membersihkan pakaian, menghilangkan noda, dan mengontrol bau.

Baca juga: 5 Cara Mudah Hilangkan Noda Lipstik di Pakaian 

6. Bedak bayi, tepung maizena, atau kapur

Untuk noda berminyak, seraplah terlebih dahulu menggunakan salah satu di antara bedak bayi, tepung maizena, atau kapur. Taburi bubuknya pada area berminyak tersebut. Lalu tunggu selama 10 menit dan sikat. Barulah cuci seperti biasa.

7. Garam

Garam bisa bekerja sebagai elemen abrasif ringan yang bantu hilangkan noda karat dan cairan sebelum mengering atau mengeras. Taburi nodanya dengan garam hingga benar-benar meresap, lalu segera cuci bersih. Selain itu, garam juga bisa membantu menghilangkan residu di bagian bawah setrika. Basahi garamnya sedikit dan gosokkan pada pelatnya. Kemudian lap dengan kain lembap.

Baca juga: Jeans Kesayanganmu Terkena Noda? Jangan Khawatir, Hilangkan dengan Cara Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini