Sebelum Menikah, Jangan Lupa Jalani Tes Kesehatan Ini Ya

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 612 2353019 sebelum-menikah-jangan-lupa-jalani-tes-kesehatan-ini-ya-JArGtHHo99.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNIKAHAN adalah tujuan akhir setiap pasangan. Menikah tidak hanya membutuhkan rasa cinta dan sayang, tapi juga kesehatan lahir dan batin dari kedua mempelainya.

Selain melakukan segala persiapan khas pernikahan seperti dekorasi, fitting baju, dan katering, penting halnya bagi para calon pengantin untuk memeriksa kesehatan dan melakukan sejumlah tes sebelum melangsungkan pernikahan.

Premarital Check-up atau pemeriksaan kesehatan pranikah, penting dan memiliki sejumlah manfaat, yaitu mengenali kondisi kesehatan, risiko, hingga riwayat masalah kesehatan calon pengantin. Hal ini dilakukan supaya calon pengantin dapat melakukan upaya pencegahan dan penanganan kesehatan sedini mungkin.

Apa saja yang harus dites? Berikut pemeriksaan yang perlu dilakukan sebelum menikah melansir dari video edukasi yang diunggah Dokter Gilang :

menikah

Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus

Ini adalah pemeriksaan yang penting dilakukan. Berfungsi untuk menghindari perbedaan rhesus antara bayi dan ibunya kelak. Rh-negatif pada perempuan dan Rh-positif pada laki-laki memiliki resiko menimbulkan ketidaksesuaian yang berakibat fatal pada anak.

Pemeriksaan Darah Lengkap

Terdiri dari serangkaian tes yang mencakup leukosit, hematokrit, trombosit, Hb, eritrosit, hingga laju endap darah. Pemeriksaan darah lengkap tujuannya untuk mengetahui keadaan umum masing-masing calon pengantin. Bagi perempuan, pemeriksaan tingkat Hb akan membantu mengetahui risiko thalassemia.

Pemeriksaan TORCH

Terdiri dari Toxoplasma, Rubella, Citomegalovirus, dan Herpes. Pemeriksaan TORCH bertujuan untuk menghindari cacat bawaan pada janin dan katarak congental, serta kemungkinan komplikasi lainnya. Pemeriksaan ini juga berfungsi untuk menghindari keguguran dan kelahiran prematur.

Pemeriksaan Hepatitis B, HIV, dan Sifilis

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan transmisi atau penularan antar pasangan melalui hubungan seksual serta dari ibu ke bayi.

Pemeriksaan Gula Darah

Tujuannya untuk menilai risiko diabetes di masa mendatang dan kemungkinan diabetes selama kehamilan.

Pemeriksaan Kesuburan

Diperlukan pemeriksaan ini untuk menilai kesehatan reproduksi masing-masing pihak dan merencanakan kehamilan. Calon pengantin, jangan lupa periksa semua ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini