Komunitas Blogger Kubu Raya Resmi Terbentuk di Kopdar Perdana Awal Tahun 2021

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 612 2353278 komunitas-blogger-kubu-raya-resmi-terbentuk-di-kopdar-perdana-awal-tahun-2021-B9MXI4EVnm.jpg Komunitas Blogger Kubu Raya (Foto: Ist)

Tanggal 16 Januari 2021 menjadi saat yang cukup bersejarah karena pada tanggal tersebut Komunitas Blogger Kubu Raya secara resmi dibentuk.

Gagasan membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya muncul dari inisiatif 4 (empat) orang yang kesemuanya memiliki latar belakang sama dan berdomisili di daerah yang sama juga.

 Blogger

Salah seorang founder yang lebih akrab dipanggil dengan nama Om Qbenk menjelaskan bahwa inisiatif pembentukan Komunitas Blogger Kubu Raya adalah karena kami melihat Kabupaten Kubu Raya masih memiliki banyak potensi yang belum diangkat.

“Dari awal kami melihat Kabupaten Kubu Raya memiliki cukup banyak potensi, tapi sepertinya informasinya masih belum ter-sounding secara masif. Disinilah hati ini merasa tergelitik untuk dapat menyebarkannya lebih luas melalui media yang kami miliki dalam bentuk blog dan media sosial.” demikian jelasnya.

Memperkuat Pondasi Dasar

Berdasarkan pengalaman dalam berkomunitas selama ini, para founder Komunitas Blogger Kubu Raya yakin bahwa untuk menjadi solid sangat butuh dudukan dalam bentuk pondasi kuat dan tidak diperlukan orang banyak.

Oleh karena itu, tidak begitu banyak undangan yang disebar dalam kegiatan Kopdar Perdana Komunitas Blogger Kubu Raya ini. Hanya yang benar-benar berminat dan serius.

Dalam sesi penyampaian sepatah dua patah kata, Dwi Wahyudi yang merupakan salah seorang founder mengatakan bahwa apa yang dibentuk saat ini merupakan perwujudan dari gagasan 9 tahun lalu.

“Gagasan membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya ini sebenarnya sudah pernah ada tahun 2012 lalu, akan tetapi karena pada saat itu dirasa masih belum siap maka gagasan tersebut masihlah berupa wacana. Hingga di akhir tahun lalu (pertengahan Desember 2020), saya bertemu dengan beberapa orang yang memiliki visi misi sama dan tanpa butuh waktu lama rencana itu kami realisasikan,” jelas sosok blogger yang memiliki gaya penampilan khas ini.

 

Mendapat Dukungan Penuh

Jika dilihat dari latar belakang para foundernya yang memiliki usaha masing-masing, dapat dilihat seberapa besar dukungan diberikan demi terbentuknya Komunitas Blogger Kubu Raya ini.

“Untuk awalnya jangan pernah bergantung dengan orang lain jika memang kita bisa melakukannya sendiri. Tunjukkan apa yang telah kita perbuat secara mandiri, Insya Allah nanti akan banyak pihak melihat apa yang telah kita lakukan.” disini Iyhu yang juga merupakan salah seorang founder menceritakan rasa optimisnya.

Dari 30 kursi yang dipersiapkan, tampak sekitar 20-an diantaranya diisi oleh para undangan yang hadir. Dan jika diperhatikan dari usianya, rata-rata masih muda dan produktif.

Melihat kondisi ini besar harapan nanti Komunitas Blogger Kubu Raya dapat terus berkembang dan selalu eksis karena diisi oleh calon-calon blogger muda yang aktif dan kreatif.

Visi dan Misi


Visi

BKR Community berperan aktif dalam aktivitas utamanya menyampaikan segala informasi positif terkait dengan Kabupaten Kubu Raya untuk beberapa sektor, antara lain: Sektor Ekonomi, Sektor Pariwisata, Sektor Pendidikan, dan Sektor Kebudayaan.

Misi

Menjadikan BKR Community sebagai komunitas yang aktif dan mampu memberikan kontribusi positif yang sifatnya kedalam bagi para anggotanya dan keluar bagi pihak eksternal seperti Pemerintah Daerah, Pemilik Usaha, dan Masyarakat Luas.

Prioritas Upgrade Skills

Karena masih bersifat baru dan pemula, maka target awal yang ingin dicapai oleh para anggota Komunitas Blogger Kubu Raya adalah pengembangan keterampilan khususnya dibidang menulis dan optimasi search engine optimization (SEO).

Diharapkan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan, para Blogger Kubu Raya ini telah siap dengan blognya masing-masing. Nantinya mereka akan diajak untuk kerjasama bareng dengan pihak agency atau advertiser yang sifatnya tidak gratisan alias dibayar.

Jika Presiden Soekarno hanya butuh 10 pemuda untuk mengguncang dunia, maka Komunitas Blogger Kubu Raya hanya butuh 10 blogger untuk mengguncang Kalimantan Barat bahkan Indonesia. Insya Allah... Amin...

Untuk selanjutnya kegiatan pertemuan secara daring maupun luring akan terus dilakukan demi menjaga semangat ngeblognya tetap selalu terjaga.

Dan khusus bagi siapa saja yang berdomisili di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat berminat untuk ikut bergabung dalam Komunitas Blogger Kubu Raya bisa membaca informasi lengkapnya melalui website resmi www.bloggerkuburaya.com.

Dari Kubu Raya untuk Indonesia. Salam Menanjak dari Para Blogger Kubu Raya. (DW)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini