Share

Menkes: Dalam 12 Bulan Diharapkan 70% Rakyat Indonesia Selesai Divaksin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 481 2353459 menkes-dalam-12-bulan-diharapkan-70-rakyat-indonesia-selesai-divaksin-h7hUIYtPLE.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Okezone)

MENKES Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia harus bergerak cepat dalam proses pemberian vaksin covid-19. Sebab sampai saat ini belum ada yang tahu berapa lama kekebalan vaksin itu bekerja, karena memang belum ada negara yang selesai secara lengkap dalam melakukan uji klinis tahap ketiganya.

"Kita tidak tahu apakah ini seperti vaksin meningitis yang hanya 2 tahun kekebalannya atau seperti vaksin hepatitis yang bisa lebih lama, atau vaksin influenza yang hanya bisa bertahan 12 bulan saja," jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam webinar 'Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit' yang disiarkan langsung MNC Portal Indonesia, Sabtu (30/1/2021).

Baca juga: Masuk 40 Negara Pertama Vaksinasi Covid-19, Menkes Budi: Indonesia Beruntung 

Meski demikian, Indonesia menggunakan langkah konservatif dengan mengambil waktu 12 bulan sebagai batas kekebalan tubuh usai divaksin. Oleh karena itu, diharapkan dalam waktu 12 bulan, sebanyak 70 persen rakyat Indonesia bisa selesai mendapatkan vaksin covid-19.

"Banyak orang yang menyadari vaksinasi untuk menjaga diri sendiri. Ini salah, karena program ini untuk mencapai herd immunity. Sebanyak 70 persen rakyat Indonesia usia di atas 18 tahun kita harapkan memiliki kekebalan. Akibatnya virus ini tidak bisa menjalar dan menular ke orang-orang yang kebal. Dengan demikian laju penularan dan epideminya bisa kita tekan," jelasnya.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Novavax 89% Efektif Atasi Covid-19 Jenis Baru di Inggris 

Pemerintah Indonesia sendiri diketahui telah memulai program vaksinasi covid-19 tahap kedua pada Rabu 27 Januari 2021. Sebelumnya juga dilakukan vaksinasi tahap pertama yang menyasar para tenaga kesehatan (tenkes) pada Rabu 13 Januari. Tentunya ini adalah upaya pemerintah dalam menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) sebagai langkah untuk memutus mata rantai covid-19 di Tanah Air.

Alur vaksinasi di Indonesia ini dilakukan secara bertahap mulai dari para tenkes yang dianggap sebagai kelompok rentan terinfeksi covid-19, dilanjutkan pekerja publik, lansia, dan masyarakat umum. Total sasaran keseluruhan pelaksanaan vaksin covid-19 di Indonesia mencapai 181.554.465 yang dijadwalkan hingga Maret 2022.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini