5 Cara Supaya Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam Tanpa Terbangun

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 612 2353389 5-cara-supaya-bayi-bisa-tidur-sepanjang-malam-tanpa-terbangun-wjhaPTQMGh.jpg Ilustrasi bayi tidur nyenyak. (Foto: Freepik)

MEMBUAT bayi tidur sepanjang malam adalah keinginan setiap ibu. Sebab dengan si buah hati terlelap tanpa gangguan bisa menandakan segala kebutuhannya terpenuhi dan sehat.

Tapi nyatanya banyak bayi ketika malam terbangun, bahkan sampai menangis kencang. Hal ini tentu membuat ibu juga harus bangun dan kurang mendapat waktu tidur yang cukup.

Baca juga: Usia Berapa Sih Bayi Boleh Makan Es Krim? 

Lalu bagaimana cara membuat bayi bisa tidur sepanjang malam? Berikut langkahnya, seperti dikutip dari Healthline, Sabtu (30/1/2021).

1. Pemberian makan penuh

Pada masa enam minggu pertama setelah melahirkan, waktu makan bayi bisa 20 sampai 40 menit. Tapi karena bayi bisa lelah setelah 10 menit menyusu, mereka bisa langsung tertidur.

Lalu jika Anda coba melatihnya tidur teratur, penting untuk membiasakan bayi telah menyelesaikan "makan penuh", atau tetap terjaga selama menyusui. Hal ini akan membuatnya menghentikan jam makan malam secara alami yang dapat membantunya tidur sepanjang malam.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi Sekaligus Mencegahnya 

2. Tetapkan rutinitas tidur sedini mungkin

Menetapkan rutinitas untuk tidur siang dengan durasi yang pas ternyata sangat penting untuk bayi. Rutinitas tidur biasanya minimal berlangsung 60 menit. Ini akan membuat tubuh bayi jadi lebih segar.

3. Jaga lingkungan tidur bayi tetap sama

Coba pertahankan lingkungan tidur yang sama setiap kali bayi tidur siang atau pergi tidur di malam hari. Dengan melakukan ini, bayi akan terbiasa bangun di tempat yang sama setiap hari dan tidak menangis.

4. Pertahankan jumlah waktu tertentu untuk tidur siang

Penting bagi ibu untuk coba menjaga bayi pada jadwal tidur yang teratur. Ini berarti tidur siang harus setidaknya 30 hingga 45 menit, tetapi tidak lebih dari 3 jam.

Jika bayi Anda tidak cukup tidur, bisa membuatnya kelelahan, rewel, dan sulit tidur di malam hari. Tetapi terlalu banyak waktu tidur siang tidak baik dan berpotensi menyebabkan bayi mengalami masalah ketika waktu tidur atau bangun sangat pagi keesokan harinya.

Baca juga: 5 Potret Polwan Cantik Cut Yuliasmi, Gagal Bintara Kini Perwira Polri

5. Rutinitas ketika bayi bangun

Meskipun harus ada rutinitas dalam menidurkan bayi, Anda juga wajib menerapkan rutinitas ketika mereka bangun. Idealnya bayi harus makan penuh sebelum tidur. Lalu Anda bisa menemaninya bermain. Setelah merasa lelah, bayi akan tidur. Konsisten dan ulangi hal ini di setiap harinya untuk membantu Anda dan si bayi memiliki rutinitas serta waktu tidur yang baik.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini