Penyakit Jantung Serius Sebabkan Kematian Pada Bayi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 04:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 481 2354059 penyakit-jantung-serius-sebabkan-kematian-pada-bayi-8HHJm1RRTB.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT jantung bawaan menjadi salah satu penyakit serius yang menyebabkan kematian bayi. Berdasarkan data statistik, sebanyak 40.000 dari 4 juta bayi di Indonesia mengidap penyakit jantung bawaan.

Dijelaskan Spesialis Penyakit Prof dr Ganesja Harimurti, SpJP(K) dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, penyakit jantung bawaan adalah penyakit yang dibawa anak sejak lahir, akibat pembentukan jantung yang tidak sempurna sejak masih janin.

"Saat jantung janin mengalami proses pertumbuhan di dalam kandungan, terdapat kemungkinan terjadinya gangguan yang menyebabkan jantung janin tidak berfungsi sebagaimana mestinya," ujarnya saat webinar, baru-baru ini.

 Jantung

Pada kasus penyakit jantung bawaan, lanjutnya, dapat terjadi kemungkinan kondisi abnormal terhadap fungsi jantung di dalam tubuh. Misalnya penyumbatan aliran darah, perlambatan aliran darah, atau jalur aliran darah yang tidak semestinya.

Data menyebutkan, penyakit jantung bawaan terdapat pada 9 dari 1.000 bayi baru lahir hidup. Sebanyak 50% di antaranya memerlukan intervensi.

Adapun penyebabnya, menurut Prof Ganesja, tidak bisa diketahui pasti. Namun ada faktor risiko yang memicu penyakit jantung bawaan, seperti ibu hamil menjadi seorang perokok pasif hingga riwayat keluarga.

"Pada kehamilan 3 bulan pertama itu bisa mendeteksi penyakit jantung bawaan lewat USG. Kita bisa lakukan ini untuk melihat ada kelainan atau enggak jantungnya, kalau ada kelainan dievaluasi lebih lanjut," katanya.

Kemudian, untuk mendeteksi penyakit jantung bawaan pada anak dapat dilakukan dengan mengenali tanda-tandanya sejak awal. Antara lain tumbuh kembang terganggu, batuk panas, cepat lelah, sianosis (kulit membiru), dan bising jantung. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini