4 Cara Mencegah Perselingkuhan dalam Hubungan Asmara

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 612 2353777 4-cara-mencegah-perselingkuhan-dalam-hubungan-asmara-g7ZBjUE6ef.jpg Mencegah perselingkuhan (Foto: E Onlne)

Baru-baru ini, jagad maya dihebohkan dengan drama rumah tangga Michaela Elsiana Paruntu dengan suaminya, James Arthur Kojongian yang merupakan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara yang kepergok melakukan perselingkuhan dengan wanita bernama Angel Sepang.

Belum ada keterangan pasti apa motif di balik perselingkuhan ini. Tapi, beredar info menyebutkan bahwa perselingkuhan James Arthur dengan Angel sudah tercium sejak tahun lalu.

Oleh karena itu, dalam menjalin rumah tangga, perlu adanya komitmen yang dibangun oleh kedua belah pihak untuk menciptakan hubungan yang selalu harmonis dan menghindari perselingkuhan apapun masalahnya. Melansir Lifehack, berikut 5 cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan agar terhindar dari kasus perselingkuhan.

 pacar

1. Punya Kesepakatan

Stan Tatkin, penulis Wired for Love, telah menulis tentang pentingnya memiliki kesepakatan yang eksplisit. Kesepakatan harus jelas, mencakup bagaimana menangani kemajuan orang lain, informasi apa yang dibagikan (ketertarikan pada orang lain), dan seberapa cepat Anda saling bercerita tentang pengalaman romantis.

"Diskusikan dengan pasangan mengenai hal apapun termasuk selingkuh. Karena definisi selingkuh menurut Anda dan pasangan belum tentu sama," katanya.

Misalnya, satu pasangan mungkin berpikir tidak apa-apa untuk pergi berdansa dengan teman-temannya, menggoda orang lain, dan bahkan mungkin memiliki ciuman di lantai dansa, sementara pasangan mereka mungkin menganggap perilaku itu di luar batas.

Pasangan dapat memiliki gagasan yang sangat berbeda tentang apa yang merupakan perselingkuhan emosional, dan apakah itu memenuhi syarat sebagai selingkuh atau tidak.

 

2. Jadilah pasangan yang hebat

Pertahanan terbaik melawan perselingkuhan adalah hubungan yang hebat. Ketika kebutuhan kita terpenuhi secara fisik dan emosional, kita tidak tertarik untuk mencari di tempat lain.

Teliti seberapa baik Anda memenuhi keinginan dan kebutuhan pasangan Anda, dan seberapa baik mereka memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk meningkatkannya di area yang lemah, dan untuk mengkomunikasikan dengan jujur tentang apa yang Anda butuhkan untuk merasa puas dan bahagia sepenuhnya.

3. Pahami pasangan Anda

Kedengarannya sederhana, tapi ternyata tidak. Pasangan Anda memiliki semua jenis pikiran dan perasaan rahasia yang mungkin tidak mereka ceritakan kepada Anda, atau mungkin siapa pun. Cari tahu beberapa hal tentang pasangan Anda yang tidak diketahui orang lain.

Gunakan informasi itu untuk 'berada di dalam' setiap hari dalam hal pengalaman mereka dalam hubungan, di tempat kerja, dan dengan diri mereka sendiri. Ketahui hal-hal yang bahkan tidak diketahui oleh ibu atau teman mereka. Pengetahuan ini membuat Anda berharga dengan cara yang dapat ditiru oleh beberapa orang lain.

 

4. Jangan cemburuan, jadilah lebih baik

 

Jika Anda curiga perhatian pasangan Anda mungkin teralihkan ke tempat lain, hal itu dapat membuat mereka semakin menjauh dan marah. Kecemburuan itu wajar, tetapi cobalah untuk lebih fokus dalam merayu pasangan Anda dengan bakat dan kemampuan Anda. Beri mereka lebih banyak alasan untuk mencintai dan menghargai Anda.

Menunjukkan kecemburuan mungkin dapat membuat Anda lega, tetapi ini bukan strategi jangka panjang yang efektif, dan seringkali juga tidak berhasil dalam jangka pendek. Anda tidak dapat mempertahankan pasangan dengan andal atau bahagia menggunakan ancaman dan ketakutan. Hanya alasan positif untuk kebersamaan yang dipertahankan sebagai perekat yang akan melindungi Anda dari orang lain yang ikut serta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini