Biji Wijen Bukan Cuma Pelengkap Makanan, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 481 2354606 biji-wijen-bukan-cuma-pelengkap-makanan-ini-6-manfaatnya-untuk-kesehatan-yf8QaHALvl.jpg Biji wijen memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Organicfacts)

MANFAAT biji wijen untuk kesehatan tubuh tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh banyak orang. Namun nyatanya biji wijen telah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Penggunaan biji wijen untuk pengobatan karena nutrisinya yang mengandung lemak sehat, protein, vitamin B, mineral, serat, dan senyawa tanaman lainnya.

Baca juga: Jangan Takut Makan Cabai Rawit, 6 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Didapat 

Mengutip dari Healthline, Senin (1/2/2021), khasiat biji wijen ternyata dapat melindungi dari penyakit jantung, diabetes, hingga arthritis. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sumber serat

Biji wijen diperkaya serat tinggi yang bagus untuk kesehatan. Per 30 gramnya, biji wijen sudah bisa memenuhi 12 persen asupan harian serat yang penting untuk kelancaran pencernaan. Selain itu, Kementerian Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat menyatakan jika mengonsumsi biji wijen bisa menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Biji wijen. (Foto: Readers Digest)

2. Menurunkan risiko kolesterol dan trigliserida

Biji wijen terdiri dari 15 persen lemak jenuh, 41 persen lemak tak jenuh ganda, dan 39 persen lemak tak jenuh tunggal. Dengan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kolesterol dan trigliserida tinggi.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Ternyata Bikin Orang Berpandangan Beda soal Kebahagiaan 

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah merupakan faktor utama penyakit jantung dan stroke. Biji wijen mengandung magnesium tinggi yang dapat membantu menurunkannya. Selain itu, antioksidan yang tersedia dapat mencegah penumpukan plak.

4. Membantu pembentukan sel darah

Terbentuknya sel darah memerlukan nutrisi penting seperti yang ada dalam kandungan biji wijen. Di antaranya zat besi, tembaga, dan vitamin B6. Makan setidaknya 30 gram per hari.

Baca juga: Long Covid-19 Paling Berisiko Dialami 5 Orang Ini 

5. Membantu mengontrol gula darah

Peran biji wijen yang dapat mengontrol gula darah disebabkan gizinya yang rendah karbohidrat, tinggi protein berkualitas, dan lemak sehat. Ditambah dengan senyawa tumbuhan pinoresinol yang dapat menghambat aksi maltase enzim pencernaan.

6. Meredakan nyeri lutut arthritis

Biji wijen memiliki senyawa sesamin yang dapat bantu mengurangi nyeri sendi dan mendukung mobilitas pada arthritis lutut.

Baca juga: Mendadak Alergi Kulit saat WFH, Ini Penyebabnya Menurut Dokter 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini