Guys, Kenali Kondisi Kesehatan Anda Berdasarkan Warna Sperma

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 481 2354722 guys-kenali-kondisi-kesehatan-anda-berdasarkan-warna-sperma-WXDXDJtCw4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP pria pasti ingin memiliki keturunan dari pasangan mereka. Tapi, tidak semua pria bisa memiliki keturunan, lantaran terkadang ada yang memiliki tingkatan kesuburan berbeda.

Kesuburan seseorang pun bisa dilihat dari warna sperma (air mani) yang dimilikinya. Merangkum dari Medical News Today, air mani ternyata memiliki beraneka macam warna.

Setiap warna mengindikasikan kondisi kesehatan yang dimiliki seorang pria. Dalam artikel ini, MNC Portal Indonesia akan membantu para pria untuk mengenali kondisi tubuh seseorang berdasarkan warna air mani.

sperma

Warna merah atau merah muda (Pink)

Merah, atau pink pada air mani bisa menjadi tanda mengkhawatirkan. Ini umumnya menunjukkan adanya darah di dalam air mani. Dokter mungkin menyebut kondisi ini sebagai hematospermia.

Tinjauan 2017 mencatat bahwa ada beberapa penyebab umum untuk kondisi ini, meski banyak yang relatif tidak berbahaya. Ada beberapa kasus di mana darah dalam air mani dapat menandakan masalah yang mendasarinya.

Warna kuning kehijauan

Warna air mani tampak kuning atau hijau bisa disebabkan karena adanya infeksi saluran kemih atau Infeksi Menular Seksual (IMS), seperti klamidia atau kencing nanah. Air mani yang terinfeksi mungkin juga berbau tidak sedap.

Air mani juga dapat berubah warna akibat ejakulasi yang jarang terjadi. Air mani mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk terkumpul dan bercampur dengan senyawa lain yang membuatnya berubah warna.

Warna cokelat kehitaman

Warna seperti ini bisa muncul akibat adanya trauma dan pendarahan hebat. Air mani berwarna coklat tua atau hitam mungkin merupakan tanda pendarahan yang lebih berat atau darah yang telah berada di dalam tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama.

Hal ini dapat terjadi karena cedera berat, seperti cedera tulang belakang atau trauma pada alat kelamin. Terkadang, cedera sumsum tulang belakang dapat terjadi tanpa pendarahan hebat dan mungkin masih mengubah air mani menjadi gelap.

Selai itu warna gelap ini juga bisa disebabkan karena Kadar logam berat yang tinggi dalam tubuh yang menyebabkan air mani berwarna gelap dalam beberapa kasus. Satu artikel pada 2013 menemukan bahwa darah orang dengan air mani berwarna gelap kaya akan logam berat, seperti mangan, timbal, dan nikel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini