Mau Punya Perut Rata? Coba 7 Gerakan Olahraga Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 481 2354756 mau-punya-perut-rata-coba-7-gerakan-olahraga-ini-a6qejnku8v.jpg Membentuk perut rata bisa dengan gerakan olahraga seperti mengaduk. (Foto: Realbuzz)

PERUT rata merupakan idaman sebagian orang. Sebab dengan perut yang tidak besar, bisa mendapat kondisi kesehatan yang lebih baik, kemudian juga ideal dari segi penampilan.

Guna mendapatkan perut rata bisa dengan olahraga. Jalani latihan-latihan tertentu secara rutin, khususnya yang fokus di bagian perut.

Baca juga: 4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Pulihkan Kondisi Tubuh 

Berikut ini tujuh gerakan olahraga yang efektif membuat perut rata, sebagaimana dirangkum dari dari Realbuzz.

1. Gerakan mengaduk

Untuk melakukan gerakan ini, diperlukan bola karet besar. Caranya dengan bertumpu pada kedua lutut dan sandarkan kedua tangan di atas bola. Kemudian goyangkan tangan secara memutar kecil seperti saat mengaduk panci. Saat dirasa sudah mulai menguasai teknik ini, buatlah putaran yang lebih besar. Ini berguna untuk melatih inti tubuh dan otot perut.

Gerakan olahraga plank. (Foto: Keifit/Pixabay)

2. Plank

Plank adalah gerakan mempertahankan tubuh dalam posisi garis lurus. Lakukan dengan tubuh yang menghadap tanah dan menopangnya dengan tangan dan kaki. Ini merupakan gerakan yang paling mudah sekaligus paling banyak membakar kalori daripada latihan lainnya. Gerakan ini melibatkan otot kaki, otot lengan, otot perut, dan otot punggung.

Baca juga: Ini Trik Olahraga Lari yang Ampuh untuk Mengencangkan Perut 

3. Gerakan perahu

Boat pose adalah gerakan menyerupai perahu. Di mana tubuh bertumpu pada bokong sehingga membentuk seperti huruf V. Ini adalah latihan otot perut yang bagus karena bisa memperkuat otot inti dan meningkatkan keseimbangan.

4. Gerakan mendaki gunung

Gerakan mendaki gunung dilakukan dengan cara menaruh kedua telapak tangan di lantai selebar bahu. Lalu dorongkan tubuh dengan menggunakan jari kaki. Secara bergantian, tarik satu kaki dengan merentangkan satu kaki lainnya. Pertahankan posisi tubuh bagian atas untuk tidak bergerak. Ini merupakan latihan perut yang meningkatkan otot inti dan sebagai latihan kardiovaskular.

5. Membanting bola

Kali ini latihannya membutuhkan suatu bola yang tidak memantul. Lakukan dengan merentangkan kaki selebar bahu lalu angkat bola di atas kepala. Lekukkan sedikit lutut dan lemparkan bola secara eksplosif ke lantai. Pertahankan ritme latihan dan kesimbangan. Gerakan ini adalah latihan tubuh total yang akan membantu mengencangkan perut.

Baca juga: Viral Pelari Setiap Pagi Bersihkan Kali, Kumpulkan Ribuan Kilogram Sampah 

6. Gerakan bersepeda

Gerakan ini dilakukan dengan cara membaringkan tubuh di lantai sambil menggerakkan kaki seperti saat bersepeda. Taruh kedua telapak tangan di belakang kepala dan angkat kaki secara bergantian hingga berada pada sudut 90 derajat. Angkat kepala sambil memutar sedikit badan sampai siku bertemu dengan lutut. Ini berguna untuk melatih otot perut.

7. Skipping

Skipping atau lompat tali sebaiknya dilakukan dengan meloncar beberapa sentimeter dari tanah dan pastikan tumit tidak menyentuhnya saat mendarat. Sangat efektif dilakukan untuk membakar kalori, menurunkan berat badan, dan membentuk perut.

Baca juga: 4 Olahraga untuk Penderita Nyeri Punggung dan Lutut, Tetap Aman Lho 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini