Share

Sudah Vaksin Tapi Tetap Terinfeksi Covid-19? Ini Penjelasannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 612 2354582 sudah-vaksin-tapi-tetap-terinfeksi-covid-19-ini-penjelasannya-5RQaiw87NS.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ADANYA vaksin Covid-19 di Indonesia, memang memberikan secercah harapan di tengah pandemi ini. Tapi, bukan berarti setelah mendapatkan vaksin Covid-19 kita aman dari virus corona.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa mereka yang mendapatkan vaksin masih bisa tertular Covid-19. Hal ini disebabkan vaksin membutuhkan waktu agar membentuk jadi antibodi.

"Jadi pertama bahwa kami membutuhkan waktu untuk membuat kekebalan ataupun antibodi, kalau kita tertular virus Covid-19," ujarnya saat webinar Kementerian Kesehatan bertajuk "Peran Wanita dalam Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Mendukung terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia, Selasa (1/2/21).

Selain itu, apabila seseorang terinfeksi Covid-19 meski sudah divaksinasi, artinya sebelumnya dia telah terpapar virus tersebut.

Lebih lanjut, kemudian ditambah penyuntikan vaksin, maka tubuh akan mengeluarkan reaksinya masing-masing. Serta pembentukan antibodi pun masih dalam proses.

"Itu disebabkan karena mereka sudah terpapar Covid-19. Tidak berarti setelah vaksin kita langsung kuat ya, menghadapi semua serangan karena butuh waktu untuk sendiri," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini