Harga Rokok Naik, Nih Sederet Cara untuk Berhenti

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 612 2354701 harga-rokok-naik-nih-sederet-cara-untuk-berhenti-XTwfYwh2cU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARGA rokok di Indonesia kembali mengalami kenaikan. Hal ini terjadi usai pemerintah akhirnya menerapkan kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok naik 12,5% hari ini.

Memang, saat ini jumlah perokok aktif semakin banyak. Padahal, kandungan racun yang ada di dalam mulut perokok jauh lebih besar dan juga merasuk ke tubuh Anda yang tidak merokok.

Selain itu, rokok bisa membuat kecanduan karena adanya kandungan nikotin yang terkandung, padahal bahayanya sudah jelas nyata dan selalu diingatkan pada setiap kemasan.

Jika berhenti merokok tidak ada yang tak mungkin jika semua dilakukan dengan niat tulus. Sebelum penyakit berbahaya terjadi pada diri Anda, berikut cara untuk mengatasi penghentian merokok, lansiran dari The People.

Teguhkan niat

Rokok tidak memberikan kesehatan, miliki kekuatan dalam hati agar terus bisa mendorong otak supaya jauh dari pikiran merokok. Ingat saat pertama kali memutuskan untuk mencoba rokok Anda bisa menjalaninya, maka dari itu putuskanlah kembali niat yang sudah berjalan tersebut.

rokok

Aktif berolahraga

Pergilah ke tempat gym, dan gunakan waktu agar menghasilkan keringat sehat yang bisa mendorong racun keluar dari tubuh. Dengan sering melakukan hal ini, maka rasa lelah berolahraga bisa membantu Anda agar mengurangi rasa ingin menghisapnya.

Minum air putih

Air membantu menyiram nikotin dari tubuh Anda, semakin banyak minum maka racun bisa berkurang secara cepat. Saat rasa asam pada mulut sudah muncul dan mengajak untuk menghisap rokok, cobalah dengan langsung minum segelas air dingin.

Ubah gaya hidup

Jika Anda selalu ditemani secangkir kopi setiap pagi atau siang hari, coba ganti dengan sebuah teh hangat. Dan hindari merokok setelah makan, karena bisa membuat semua itu berubah menjadi racun.

Cari dukungan teman

Merokok memiliki kendali atas keberadaan emosional dan fisik Anda, maka dari itu ketergantungan ini sangat sulit dihindari. Agar cepat cari layanan konseling atau teman dekat untuk selalu mempertahankan atau mengingatkan semua kendala dan segera melewati tahap sulit ini.

 

Konsumsi obat

Dua obat non-nikotin bupropion (Zyban), dan varenicline (Chantix) yang disetujui FDA juga membantu perokok untuk berhenti. Tetapi tetap perlu dengan resep dokter jika ingin mengonsumsinya.

Terapi alternatif

Terapi alternatif seperti, filter, alat pencegah merokok, lolipop, sedotan, lip balm, hipnosis, akupunktur, terapi magnet, terapi laser dingin, herbal dan suplemen, yoga, dan meditasi, juga mampu mengatasi seorang yang ingin berhenti merokok.

Bijaksanalah untuk memutuskan yang terbaik agar membuat hidup Anda lebih baik. Semoga berhasil!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini