4 Cara Ampuh Mencegah Makan Berlebih saat WFH

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 481 2354912 4-cara-ampuh-mencegah-makan-berlebih-saat-wfh-f6tBzT5Rhw.jpg Ilustrasi makan berlebih saat WFH. (Foto: Senivpetro/Freepik)

MAKAN berlebih saat WFH atau work from home ternyata dialami banyak orang. Hal ini pun harus segera diatasi karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Aktivitas bekerja dari rumah atau WFH memang kemungkinan besar mengubah rutinitas banyak orang. Mulai jam tidur dan bangun sampai kebiasaan lain seperti pola makan.

Baca juga: Mendadak Alergi Kulit saat WFH, Ini Penyebabnya Menurut Dokter 

Menumpuknya pekerjaan dapat membuat tubuh menjadi lelah dan pikiran stres, sehingga tidak jarang sebagian orang melampiaskannya ke makan berlebih.

Ngemil mungkin cara seseorang untuk bisa tetap fokus dan menahan kantuk saat bekerja. Tetapi kadang lupa memilih kudapan atau camilan yang sehat. Jika hal itu dilakukan secara berlebihan, bakal menyebabkan timbulnya masalah kesehatan.

Ilustrasi makan berlebihan. (Foto: Nakaridore/Frepik)

Penambahan berat badan, gula darah tinggi, kolesterol, dan penyakit lainnya bisa menyerang tubuh jika tidak bisa mengontrol pola makan. Oleh karena itu, harus dilakukan beberapa cara untuk mencegah makan berlebih saat WFH.

Apa saja cara tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari The Healthy, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Kenali Gejala Burnout karena WFH, Jangan Sampai Malah Jadi Stres 

1. Buat jadwal makan

Sarapan merupakan hal penting sebelum Anda memulai aktivitas di pagi hari. Para peneliti mencatat bahwa selain membakar lebih banyak kalori, orang yang sarapan lebih banyak dan makan malam lebih sedikit dapat mengontrol gula darah serta insulin yang lebih baik.

Buat sarapan sehat dengan porsi sedikit lebih banyak sebelum Anda memulai kerja. Setelah 5 jam kemudian, barulah Anda makan siang dan siapkan makan malam yang lebih ringan 3 hingga 4 jam setelah makan siang. Berikan jarak setidaknya 3 jam antara makan malam dan waktu tidur untuk pencernaan yang baik. Hal ini juga akan mendukung Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Jangan makan saat bekerja

Sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa gangguan makan akan memengaruhi pemrosesan rasa dan meningkatkan kerentanan untuk makan berlebihan.

Maka itu, makanlah dengan penuh perhatian lebih saat jam makan siang atau istirahat. Nikmati makanan Anda dan berhentilah sebelum kenyang. Makan sambil melakukan aktivitas yang lain dapat mengganggu Anda.

Baca juga: Mau Diet di Tengah Pandemi Covid-19, Coba Tips Ini 

3. Prioritaskan makanan sehat

Selain kehilangan nutrisi dan serat alami, makanan yang tidak diproses dengan baik dapat merusak metabolisme tubuh. Ganti camilan keripik atau makanan manis dengan segenggam buah seperti apel. Beli dan konsumsi makanan sehat seperti sayuran segar atau beku, kacang-kacangan, lentil, ikan, alpukat, dan porsi kecil karbohidrat makanan utuh, termasuk buah segar, biji-bijian, dan sayuran bertepung.

4. Temukan alternatif lain untuk mengatasi stres

Pola makan yang tidak terkendali untuk mengatasi emosi hanya akan menyebabkan penambahan berat badan, menguras energi, mengganggu tidur, bahkan melemahkan kekebalan tubuh. Tetap konsisten dengan jadwal makan Anda.

Tetap terhubung dengan teman atau aktivitas bermanfaat lainnya untuk mencegah stres. Anda memiliki banyak waktu luang selama di rumah untuk menguji keterampilan baru dan menerapkan kebiasaan yang lebih sehat.

Baca juga: Supaya WFH Jadi Lebih Nyaman, 4 Hal Ini Harus Ada di Ruang Kerja Anda 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini