Integrasi Data dengan KPU, Jubir Kemenkes: Prosesnya Mulai Didiskusikan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 481 2355134 integrasi-data-dengan-kpu-jubir-kemenkes-prosesnya-mulai-didiskusikan-8JFUGHAInb.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memutuskan untuk melakukan integrasi data dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka menyukseskan program vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. Data yang dimiliki KPU ini nantinya akan digunakan untuk mengklasifikasi masyarakat yang akan mendapat vaksin.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah melakukan pertemuan dengan KPU yang dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra, pada Sabtu 30 Januari 2021 untuk membahas mengenai rencana integrasi data ini.

 Menkes Budi

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini kedua instansi baik KPU dan Kemenkes telah melakukan pertemuan untuk membahas hal tersebut. Meski demikian program integrasi ini masih membutuhkan waktu untuk kembali didiskusikan.

“Sudah mulai didiskusikan untuk prosesnya. Dan datanya (Data KPU) setiap enam bulan diupdate,” terang dr. Siti, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (2/2/2021).

Terkait dengan data KPU yang lengkap dan rutin diperbarui, Menkes Budi mengaku sangat kagum. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada KPU karena telah membantu Kemenkes untuk berbagi data dalam upaya mensukseskan program pemerintah untuk mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity).

“Saya sangat kagum dan berterima kasih karena KPU sangat support membantu Kementrian Kesehatan dalam mengintegrasikan data terkait program vaksinasi untuk memerangi pandemi ini. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh KPU terkait data yang ada, pertama bahwa data di KPU itu sangat update karena selalu diperbaiki tidak hanya 6 bulan sekali, tetapi secara fisik untuk setiap kali ada pemilihan,” ucap Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini