Dokter Reisa: Masker Kunci Lindungi Diri dari Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 481 2355169 dokter-reisa-masker-kunci-lindungi-diri-dari-covid-19-uXhFmUDjc5.jpg Dokter Reisa Broto Asmoro (Foto : @reisabrotoasmoro/Instagram)

Memakai masker memang sangat diperlukan dan penting di era pandemi Covid-19. Bahkan, dokter Reisa Broto Asmoro pun mengatakan bahwa memakai masker saat ini adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan, terutama melindungi diri dari Covid-19.

"Kita enggak tahu pandemi akan berakhir kapan. Semua orang pun bisa tertular. Karena itu memakai masker menjadi kunci utama untuk melindungi diri dan orang lain," terang dokter Reisa pada acara Gerakan Memakai Masker, Selasa (2/2/2021).

Dokter Reisa Broto Asmoro

Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena dengan memakai masker, bisa mengurangi penularan hingga 75 persen.

Baca Juga : Dokter Imbau Warga Pakai 2 Masker Sekaligus?

Akan tetapi karena memakai masker tidak memberikan perlindungan 100 persen, maka dianjurkan juga untuk menjaga jarak dan mencuci tangan guna memberikan perlindungan seutuhnya pada diri sendiri agar terhindar dari Covid-19.

"Memakai masker enggak boleh asal-asalan. Kemudian kita perlu menjaga jarak karena masker tidak memberikan perlindungan 100. Nah karena ada penularan melalui kontak enggak langsung makanya orang juga diminta mencuci tangan," jelas dokter Reisa.

Baca Juga : Kapan Seseorang Wajib Pakai Masker?

Dokter Reisa juga mengatakan, walaupun terdengar sederhana, tetapi fakta di lapangan menunjukkan masih adanya pelanggaran yang dilakukan beberapa orang. Baik mereka yang tidak memakai masker, maupun enggan menjaga jarak saat berkumpul.

"Kedengarannya simple ya 3M tapi buktinya siapakah yang benar-benar menerapkan hal tersebut? Belum semuanya. Ini yang harus kita jadikan kebiasaan baru supaya bisa melindungi diri sendiri dan orang lain," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini