Stres dan Cemas? Redakan Pakai 4 Asupan Sehat Ini Saja

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 481 2355428 stres-dan-cemas-redakan-pakai-4-asupan-sehat-ini-saja-mTVwvNzbwH.jpg Ikan salmon salah satu asupan sehat yang bisa menghilangkan stres. (Foto: Timolina/Freepik)

SIAPA pun bisa mengalami stres dan cemas. Apalagi bagi orang-orang yang sedang disibukkan dengan pekerjaan atau urusan yang melibatkan fisik dan pikiran.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi stres dan cemas seperti itu adalah jangan panik, tenangkan diri. "Juga menerima semua keadaan," ungkap psikolog Analisa Widyaningrum dalam webinar beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tidak Gila, Ini Sederet Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri 

Kemudian, lanjut dia, juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang akan membantu menurunkan stres serta memperbaiki mood.

Apa saja minuman dan makanan tersebut? Berikut ini enam di antaranya, seperti dirangkum dari Healthline, Rabu (3/2/2021).

Ilustrasi teh. (Foto: Shutterstock)

1. Teh kamomil

Kamomil adalah ramuan obat yang sudah digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak, serta mengurangi gejala kecemasan juga depresi.

Sebuah studi 8 minggu pada 45 orang dengan kecemasan menunjukkan bahwa mengambil 1,5 gram ekstrak kamomil mengurangi kadar kortisol saliva dan memperbaiki gejala kecemasan.

Baca juga: Suka Kerja Overtime, Ini 7 Nasihat dari Psikolog 

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti makarel, herring, salmon, dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 serta vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh menangani stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi. Vitamin D juga memberikan peran penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres.

3. Kimchi

Kimchi adalah hidangan sayur fermentasi yang biasanya dibuat dengan kubis napa dan daikon, sejenis lobak. Makanan fermentasi seperti ini dikemas dengan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik, dan tinggi vitamin, mineral, serta antioksidan.

Penelitian mengungkapkan bahwa makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Misalnya dalam sebuah penelitian pada 710 dewasa muda, mereka yang makan makanan fermentasi lebih sering mengalami lebih sedikit gejala kecemasan sosial.

Banyak penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen probiotik dan makanan kaya probiotik seperti kimchi memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental. Ini mungkin karena interaksinya dengan bakteri usus yang secara langsung memengaruhi suasana hati.

Kimchi mandu. (Foto: Instagram @lidyatjahjadi)

Baca juga: Bisakah Stres Picu Rambut Jadi Beruban? 

4. Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan pertama tubuh Anda ketika melawan stres.

Terlebih lagi, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih membantu memerangi stres dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini