Share

Tak Semua Dapat Vaksin Covid-19, Ini Cara Kerja Herd Immunity Putus Penularan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 02 Februari 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 612 2355154 tak-semua-dapat-vaksin-covid-19-ini-cara-kerja-herd-immunity-putus-penularan-V0jUER4RC1.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH Indonesia kembali mendatangkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk keempat kalinya. Sebanyak 10 juta dosis vaksin ditambah dengan 1 juta overfill atau ekstra volume yang diberikan untuk mengatasi proses produksi, telah tiba dalam envirotainer.

Kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac yang keempat ini, disiarkan secara langsung di chanell YouTube Sekretariat Presiden. Dalam kesempatan tersebut, hadir Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi.

Dia mengatakan, hadirnya vaksin Covid-19 ini adalah wujud pemerintah untuk membangun kekebalan kelompok (Herd Immunity).

“Proses vaksinasi yang dilakukan pada 1,5 juta tenkes, dan 17,4 petugas pelayanan publik, merupakan bagian dari 181,5 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksin Covid-19 dalam rangka membentuk kekebalan kelompok,” terang dr. Siti, dalam sesi jumpa pers yang dilaksanakan secara daring.

Dokter Siti juga menjelaskan, bagaimana kekebalan kelompok dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di Tanah Air. Selain menjelaskan pentingnya vaksinasi, ia juga mengimbau masyarakat untuk terus melakukan protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Ketika kekebalan kelompok mulai terbentuk, maka kelompok yang tidak bisa mendapat vaksin bisa terlindungi. Selain itu protokol kesehatan juga wajib dilakukan selain vaksinasi," kata dia.

"Protokol kesehatan ini akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita agar terhindar dari Covid-19,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini