Luar Biasa! Bocah Kecil Ini Temukan Jejak Dinosaurus Berusia 220 Juta Tahun

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 612 2355432 luar-biasa-bocah-kecil-ini-temukan-jejak-dinosaurus-berusia-220-juta-tahun-gtll9JV7e4.jpg Bocah kecil menemukan jejak dinosaurus berusia ratusan juta tahun. (Foto: National Museum Wales/NBC News)

HEBOH seorang bocah kecil menemukan jejak kaki dinosaurus berusia 220 juta tahun. Penemuan tidak sengaja ini dialami seorang gadis kecil di Pantai Wales, Inggris Raya. Ini pun jadi kabar menggembirakan bagi ahli paleontologi di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari NBC News, Rabu (3/2/2021), bocah berusia 4 tahun bernama Lily Wilder diberitakan baru saja menemukan jejak kaki hewan purba dinosaurus.

Baca juga: Ternyata Kucing Tidak Boleh Diberi Nasi, Simak Alasannya 

Saat itu ia sedang berjalan-jalan santai di Pantai Bendricks, Wales, Inggris Raya, bersama anjing peliharaannya. Kemudian Lily tidak sengaja mendapati ada bekas jejak kaki di suatu batu yang diperkirakan telah ditinggalkan sekira 220 juta tahun lalu.

"Jejak itu ada di batu, tingginya sepundak Lily. Ia melihat jejak tersebut, dan berkata santai 'lihat ini ayah'. Dia sangat bersemangat melihatnya, tapi tidak sadar dan tahu betapa menakjubkannya hal tersebut," kata ibunda Lily, Sally Wilder, saat diwawancarai.

Jejak dinosaurus berusia 220 juta tahun. (Foto: Thesun)

Temuan Lily di pantai tersebut kemudian difoto oleh ayahnya. Sang ayah-lah yang kemudian membagikan foto itu ke sanak keluarga.

Lalu nenek Lily berinisiatif mendorong agar temuan cucunya itu diinformasikan kepada para ahli setempat dan penggemar fosil. Tujuannya untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: 8 Penyebab Kucing Mengeong Terus-menerus, Salah Satunya Kesepian 

Meskipun jadi hal yang tidak mungkin mengidentifikasi dengan tepat jenis apa dinosaurus yang meninggalkan jejak berukuran 10 sentimeter (3,9 inci) itu, kurator paleontologi di Museum Nasional Wales Cindy Howells mengatakan dari temuan Lily itu bisa dilihat beberapa fakta.

Salah satunya adalah kemungkinan jejak kaki tersebut adalah berasal hewan dinosaurus yang tingginya sekitar 75 sentimeter (29,5 inci) dengan panjang 2,5 meter (sekira 8 kaki).

"Ini kemungkinan bisa berwujud hewan bertubuh ramping yang punya ekor, dan berjalan dengan kedua kaki belakangnya, secara aktif berburu hewan kecil dan serangga lainnya. Ini brilian," ungkap Cindy.

Ia menambahkan, jejak spesimen seperti ini biasanya dikenal dengan sebutan grallator, dan dapat membantu para ilmuwan agar bisa mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana hewan dinosaurus berjalan.

"Ini benar-benar pengawetan yang menakjubkan, Anda bisa lihat setiap detail dari otot dan di mana sendi itu ada di kaki," imbuhnya.

Baca juga: Wow! Ayam Liar "Kuasai" Pulau Ini, Memenuhi Pom Bensin hingga Bandara 

Dari pernyataan pihak museum, kini fosil yang diawetkan telah dipindahkan dengan aman, dan akan segera dibawa ke National Museum Cardiff untuk disimpan. Jadi, bisa dinikmati oleh generasi mendatang, sekaligus juga sebagai bahan untuk dipelajari oleh para ilmuwan.

Pantai Wales sendiri merupakan area yang dilindungi, sebagai bagian dari Site of Special Scientific Interest (situs kepentingan khusus ilmiah).

Jejak dinosaurus berusia 220 juta tahun. (Foto: Thesun)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini