3 Motif Batik Pekalongan yang Cantik-Cantik Banget

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 194 2355590 3-motif-batik-pekalongan-yang-cantik-cantik-banget-2IITU4kJ5Y.jpg Motif batik Pekalongan (YouTube/Jejak Nabila)

Motif batik Pekalongan menjadi salah satu yang dicari karena keindahannya. Motif batik Pekalongan sendiri cenderung bercorak bunga atau kembang.

Corak bunganya ada yang besar dan ada yang kecil, bahkan ada yang bermotif dedaunan. Biasanya batik Pekalongan memiliki warna dominan cokelat.

Selain cokelat, batik Pekalongan juga berwarna berwarna terang, seperti ungu, hijau, merah, biru, dan kuning. Warna-warna yang menarik bagi mata tanpa menghilangkan unsur estetik dan keindahan motif batiknya. Berikut ini motif-motif batik Pekalongan yang cantik.

1. Motif Jlamprang

Motif Batik

(Foto : YouTube Jejak Nabila)

Motif batik Jlamprang berciri khas lingkaran dengan garis bintang yang memancar. Batik ini cenderung berwarna sogan (warna gelap), namun karena perkembangan zaman warna-warna ini dibuat beragam supaya lebih tren, ucap Ridho Bsb pemilik batik Jlamprang.

Melansir dari channel YouTube Jejak Nabila, kain batik Jlamprang berkembang di daerah pesisiran sehingga warnanya pun bermacam-macam, warna yang digunakan dominan merah, biru, hijau, dan juga kuning, juga masih menggunakan warna sogan dan wedelan.

Baca Juga : 5 Model Baju Batik Kekinian, Ada Punya Amanda Manopo hingga Dian Sastro

Baca Juga : 5 Jenis Batik yang Bikin Penampilan Makin Trendi

2. Motif Liong

Motif Batik

(Foto : Instagram/@batik_failasuf)

Motif liong biasanya bergambar naga dan burung phoenix. Naga memiliki makna keberanian dan burung phoenix bermakna keindahan dan keagungan. Kombinasi motif kembang dan fauna ini membuat batik tampak lebih hidup dan indah.

Melansir dari akun Instagram @batik_failasuf, naga diintepretasikan sebagai refleksi harapan-harapan mulia, serta simbolisasi perjalanan spiritualisme. Dalam tradisi Cina, Naga berkaitan erat dengan sumber kekuatan alam. Wajar jika akhirnya Sang Naga selalu melambangkan kekuatan alam yang maha dahsyat layaknya angin topan.

3. Motif Sogan

Motif Batik

(Foto : Instagram/@batikalimukti)

Motif sogan biasanya memiliki warna sogan sesuai namanya, berarti warna gelap. Motif batik ini terbilang cukup klasik, namun tetap indah. Batik sogan Pekalongan seringkali dianggap mirip dengan batik Solo. Kain batik ini memiliki motif yang rumit dan beragam, serta seluruh kain diblok pad motif isen-isen dan oranamen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini