Mengenal Pandemic Fatigue, Penyebab Lelah dan Hilangnya Motivasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2355553 mengenal-pandemic-fatigue-penyebab-lelah-dan-hilangnya-motivasi-gYc7ZMBA1E.jpg Ilustrasi pandemic fatigue akibat wabah covid-19 yang belum berakhir. (Foto: Freepik)

PANDEMIC fatigue dilaporkan dialami sejumlah orang. Ini merupakan kondisi sebagian orang mulai merasa lelah dan hilang motivasi untuk terus beraktivitas. Apalagi, sudah hampir satu tahun wabah covid-19 tidak kunjung usai dan membuat masyarakat menjadi stres.

Keadaan tersebut dinilai sebagai hal wajar, karena memang umumnya terjadi di masa pandemi yang berkepanjangan. Fenomena pandemic fatigue ini menyerang fisik serta psikis kebanyakan orang yang sudah bosan dengan situasi pandemi covid-19.

Baca juga: Alami Pandemic Fatigue, Ini Tanda-tandanya 

Meski begitu, dampak yang ditimbulkan pandemic fatigue tidak bisa dianggap remeh. Jika dibiarkan berlarut-larut maka dapat mengancam kesehatan mental dan kebugaran tubuh.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Rabu (3/2/2021), adapun ciri-ciri pandemic fatigue dapat terlihat dari dua sisi berbeda.

1. Dari segi mental.

Dari sisi mental, biasanya orang yang mengalami pandemic fatigue, mood-nya akan cepat berubah, kurang motivasi, dan sulit berkonsentrasi.

Baca juga: BTS dan BLACKPINK Bersaing di Nickelodeon Kids' Choice Awards 2021

2. Dari segi fisik.

Sementara dari segi fisik, seseorang yang mengalami pandemic fatigue akan terlihat mudah lelah dan tidak bersemangat. Jika mengalami masalah ini, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menghubungi layanan bantuan psikologi.

Dalam unggahan tersebut, masyarakat dengan gangguan pandemic fatigue dapat meminta bantuan Sub Bidang Kesehatan Relawan untuk menyediakan layanan bantuan psikologi. Terdapat tiga cara untuk menghubungi layanan ini, yakni:

1. Hubungi call center 0812 1108 4053.

2. Petugas akan memberikan form untuk dilengkapi guna mengetahui kebutuhan masyarakat.

3. Selanjutnya akan dihubungkan dengan sahabat Relawan Bantuan Psikolog.

Jam operasional pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Sementara sesi layanan bantuan psikologi pukul 10.00, 13.00, dan 16.00 WIB.

Baca juga: Pandemic Fatigue Bikin Orang Abaikan Covid-19, Bagaimana Cara Atasinya? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini