Ini Batas Maksimal Penggunaan Masker Kain

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2355573 ini-batas-maksimal-penggunaan-masker-kain-GWvOZT4m3Z.jpg Masker kain ada batas maksimal pengunaannya agar berfungsi baik. (Foto: The Economic Times)

SELAMA masa pandemi covid-19, penggunaan masker medis atau masker kain adalah kebutuhan pokok setiap orang. Semua wajib memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah. Ini dalam upaya menghentikan penularan virus corona atau covid-19.

Dari berbagai jenis masker yang tersedia, pemerintah menyarankan masyarakat menggunakan masker kain untuk menangkal penularan covid-19. Meski demikian, masih banyak orang yang keliru dalam menggunakannya. Lalu, berapa lama masker kain boleh digunakan?

Baca juga: Mengenal Pandemic Fatigue, Penyebab Lelah dan Hilangnya Motivasi 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Rabu (3/2/2021), masker kain hanya bisa dipakai maksimal 4jam. Namun dalam kondisi tertentu, masker kain juga harus diganti sebelum 4 jam lamanya.

"Jika maskernya lembap, kamu juga harus segera mengganti maskernya dengan yang baru, walau belum 4 jam dipakai," tulis unggahan tersebut.

Baca juga: 10 Cara Kelola Stres Akibat Pandemi Covid-19 

Maka itu, selalu menyediakan masker cadangan selama bepergian. Ini sangat disarankan, terutama saat musim hujan seperti sekarang, di mana masker berpotensi menjadi basah dan lembap.

Selain itu, jangan lupa untuk segera mencuci masker kain yang sudah dipakai. Cuci dengan bersih dan steril.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini