Ini yang Terjadi pada Virus Covid-19, jika Masyarakat Sering Cuci Tangan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2355589 ini-yang-terjadi-pada-virus-covid-19-jika-masyarakat-sering-cuci-tangan-hj2giRESZC.jpg Pandemi Covid-19 (Pixabay)

Pemerintah terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Selain menggunakan masker dan menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu cara terbaik untuk melawan Covid-19.

Sayangnya masih ada sebagian orang yang malas mencuci tangan. Padahal mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik tidak akan membuat waktu menjadi terbuang. Justru seseorang bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari kebiasaan itu.

 mencuci tangan

Merangkum dari unggahan Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Rabu (3/2/2021), menjelaskan pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air bersih selama 20 detik.

“Kuman dan penyakit, sangat mudah ditularkan melalui tangan. Tangan kadang terlihat bersih, namun secara kasat mata tetap mengandung kuman,” tulis unggahan tersebut.

Lebih lanjut, unggahan tersebut juga menjelaskan tentang virus Covid-19. Di mana ini adalah material kecil yang dibungkus dengan protein dan lemak. Nah untuk menghilangkannya, dapat dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Komponen surfaktan yang terkandung pada sabun dapat mengikat komponen protein dan lemak dari virus sehingga memutus rangkaian partikel virus, mengurai proteinnya dan seluruh komponen virus pecah. Dengan demikian, virus menjadi rusak dan tidak bisa menginfeksi manusia,” tuntas unggahan itu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini