Tahan Napas saat Jalan Lewati Orang Cegah Covid-19, Benarkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2355763 tahan-napas-saat-jalan-lewati-orang-cegah-covid-19-benarkah-qVEXeKR8Ro.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Apakah Anda pernah tak sengaja menahan napas saat tahu akan melewati kerumunan orang di jalan? Refleks tersebut Anda pikir setidaknya membuat virus Covid-19 yang mungkin saja ada di kerumunan orang itu tak Anda hirup dan masuk ke tubuh.

Perasaan takut seperti itu tetap saja ada meski Anda menggunakan masker. Bukan hanya itu, jarak saat jalan pun dirasa cukup jauh dari kerumunan orang-orang.

Akan menjadi lebih serius ketika Anda tahu ada di antara orang-orang itu yang bersin. Anda sebisa mungkin untuk tahan napas beberapa detik sampai dirasa aman. Sekali lagi, padahal orang tersebut menggunakan masker.

Pakai Masker

Tapi, apakah upaya menahan napas dengan anggapan virus tak terhirup ke dalam tubuh itu benar dari kacamata ilmu kedokteran?

"Risiko penularan saat Anda melewati orang atau kerumunan di jalan sangat rendah, terlebih ketika Anda menggunakan masker yang tepat dengan benar," kata Profesor Jose-Luis Jimenez, seorang ahli aerosol dari Universitas Colorado Boulder, dikutip dari HuffPost.

Baca Juga : Bolehkan Cuci Masker dengan Pewangi?

Baca Juga : Ini yang Terjadi pada Virus Covid-19, jika Masyarakat Sering Cuci Tangan

Tapi, ia tak menampik juga bahwa ada sedikit manfaat dari menahan napas saat melewati orang atau kerumunan. "Ya, mungkin sedikit membantu juga dalam beberapa keadaan yang sangat jarang pastinya," tambahnya. Keadaan itu misalnya saat orang yang akan Anda lewati tak menggunakan masker.

Prof Jimenez mengaku pernah menahan napas juga saat melewati orang di jalan. Begitu juga dengan Dr Julian Tang, ahli virologi klinis dari Universitas Leicester. "Saya biasa menahan napas di awal pandemi dan saya rasa banyak orang melakukan hal yang sama," ucapnya.

Dr Tang bahkan merekomendasikan tindakan ini saat Anda tahu ada orang berjalan ke arah Anda. "Jika Anda melihat orang berjalan ke arah Anda, yang terbaik untuk dilakukan adalah menarik napas dengan cepat dan mengehembuskannya lagi setelah orang itu berjalan melewati Anda," sarannya.

"Menahan napas memang bagus, tapi lebih baik lagi menghembuskannya karena Anda membuang virus apapun dari dalam tubuh Anda," tambah Dr Tang.

Pakai Masker

Konsep menahan napas ini Dr Tang samakan dengan berenang. Ya, itu adalah cara yang bagus untuk menghindari Anda menghirup aerosol apapun.

Lebih lanjut, Dr Tang memaparkan bahwa tak hanya menahan napas saat melewati orang, Anda juga bisa memastikan tak bersentuhan dengan orang lain saat berjalan. Jadi, pastikan jaga jarak aman setidaknya 2 meter.

"Jadi, penularan aerosol adalah bagaimana menurut kami virus ini benar-benar menyebar dan jika Anda ingin mengontrol risiko menghirup itu, baik menahan napas atau menghembuskan napas, itu akan menambah perlidungan saat berada di luar ruangan," papar Dr Tang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini