3 Cara Mengonsumsi Pisang untuk Menurunkan Berat Badan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2355793 3-cara-mengonsumsi-pisang-untuk-menurunkan-berat-badan-fI7dxAYc5J.jpg Buah pisang memiliki khasiat menurunkan berat badan. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

SIAPA sangka, pisang ternyata bisa untuk menurunkan berat badan. Ini sedikit bertentangan dengan pemahaman yang sudah ada. Namun nyatanya, pisang memang buah yang efektif memberi rasa kenyang dan tidak menggemukkan.

Pisang juga diketahui sebagai salah satu buah paling sehat. Buah kuning ini sangat bergizi, kaya akan vitamin dan mineral penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Tak Mau Makan Pisang Terlalu Matang, Ubah Jadi Masker Saja 

Kemudian pisang mengandung banyak serat dan rendah lemak. Ini menjadikan pisang camilan yang tepat usai olahraga, sebab sangat baik mengekang kelaparan yang meluap dan mengisi kembali energi.

Satu-satunya masalah dengan pisang adalah kandungan karbohidrat dan kalorinya yang tinggi. Satu pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat.

Pisang. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

Selain itu juga rendah protein, makanya sangat disayangkan jika Anda melewatkan buah ini dari daftar diet. Namun, ada kombinasi tertentu untuk membuat pisang sebagai bagian dari menu diet menurunkan berat badan.

Apa saja kombinasi tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dirangkum dari Times of India, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: 4 Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Diare, Apa Saja? 

1. Pisang dan oatmeal

Di pagi hari, setelah 10 sampai 12 jam berpuasa semalaman, tubuh membutuhkan sesuatu untuk diisi ulang dan diberi energi kembali. Sarapan berat di pagi hari yang kaya protein dan serat serta nutrisi dapat mengurangi konsumsi kalori sepanjang hari.

Pisang mengandung pati dan kalium resisten tinggi yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan memberikan energi instan Anda. Memasangkannya dengan oatmeal, biji chia, atau dalia akan membuat sarapan yang lezat dan memuaskan.

2. Pisang dan selai kacang

Banyak ahli setuju bahwa pisang bisa menjadi camilan sebelum dan sesudah olahraga yang sempurna. Ini kaya akan glukosa yang memberikan energi instan dan sangat dibutuhkan setelah sesi oleharaga yang intensif.

Selain itu, kandungan kalium di dalamnya bisa membantu menangkal kram otot setelah olahraga atau mengalami pusing. Ini membantu dalam pemulihan otot secara cepat dan mempersiapkan Anda untuk sesi oleharga berikutnya.

Tapi pisang rendah protein, makronutrien penting untuk pembentukan otot. Untuk mengimbanginya, siapkan pisang ukuran sedang dengan selai kacang atau segenggam kacang.

3. Pisang smoothie

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan pati dalam pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Bahkan kandungan kalium di dalamnya dipercaya dapat mengatur perpindahan nutrisi ke dalam sel yang dapat meningkatkan metabolisme.

Baca juga: Unik! Wanita Ini Mahir Melukis di Atas Pisang, Hasilnya Sangat Nyata 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism mengungkapkan bahwa mengganti hanya 5 persen karbohidrat hari itu dengan sumber pati resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak setelah makan sebesar 23 persen.

Dikarenakan pisang mentah mengandung paling banyak pati, langkah terbaik adalah memasukkannya ke porsi makanan. Tapi rasanya agak pahit jadi bisa ditambahkan smoothie dengan sedikit madu dan kacang-kacangan dan dinikmati setelah sesi olahraga atau tengah hari untuk mengekang rasa lapar yang terlalu dini.

Pisang. (Foto: Giorgio Trovato/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini