Begini Cara Cegah Kusta Sejak Dini

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2355823 begini-cara-cegah-kusta-sejak-dini-ioOg0G0fTc.jpg Penyintas kusta (Foto: Web MD)

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ada sekitar delapan Provinsi di Indonesia yang belum terbebas dari kusta.

"Di mana selain tadi delapan Provinsi, masih ada 136 kabupaten kota yang belum dinyatakan bebas kusta," ujarnya dalam live Instagram @kemenkes_ri bertajuk Cari Tahu Tentang Penyakit Kusta, Rabu (3/2/21).

 penyintas kusta

Nadia melanjutkan, bagi penderita kusta efek samping dari penyakit ini tubuh akan mati rasa (baal), hingga jari tangan atau kaki bisa putus karena melemahnya kekuatan otot di tubuh.

Dalam memperingati Hari Kusta Sedunia atau World Leprosy Day, Kemenkes meminta agar masyarakat mencegah sejak dini sebelum terinfeksi kusta.

Meski pada dasarnya kusta ini menular melalui droplet, namun butuh waktu yang sangat lama atau panjang orang itu posotif terinfeksi kusta.

"Penderita kusta juga bisa sembuh dengan sendirinya. Ketika sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya meningkat," terangnya.

Sementara itu, kusta dapat dicegah sejak dini sebelum ke tahap yang lebih mengkhawatirkan. Berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari kusta.

1. Temukan bercak kusta sedini mungkin, guna mencegah timbulnya cacat.

2. Obati penderita kusta dengan MDT sampai sembuh.

3. Lacak kontak erat kusta.

4. Hilangkan stigma negatif dengan tidak menjauhi penderita kusta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini