Menlu Retno: Indonesia Harus Serukan Kesetaraan Vaksin Covid-19 bagi Seluruh Negara

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 481 2356017 menlu-retno-indonesia-harus-serukan-kesetaraan-vaksin-covid-19-bagi-seluruh-negara-DcMugSEAcH.jpg Menlu Retno Marsudi (Foto : Okezone)

Menteri Luar Negeri Indonesia - Menlu Retno Marsudi mengatakan, PTM MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia) perlu mendorong keterjangkauan dan aksesibilitas vaksin Covid-19 secara global. Hal tersebut untuk mengantisipasi ancaman nasionalisme vaksin.

“MIKTA perlu mengantisipasi ancaman nasionalisme vaksin dan proteksionisme vaksin dengan memastikan akses yang adil terhadap vaksin bagi seluruh negara di dunia, terutama bagi negara berkembang. Hal ini bisa dilakukan dengan mendukung keberlangsungan COVAX, sebagai satu-satunya platform multilateral untuk memastikan keseteraan akses terhadap vaksin,” papar Menlu Retno menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri (PTM) MIKTA ke-18 secara virtual, dikutip dari siaran media yang diterima Okezone, Rabu (3/2/2021).

Menlu Retno

Baca Juga : Alasan Foto Kartu Vaksinasi Covid-19 Baiknya Tak Diunggah ke Sosmed

Lebih lanjut Menlu Retno, meng-highlight menegaskan peran penting dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia sebagai kelompok lintas regional, untuk membentuk kepemimpinan bersama dan bekerja menjadi jembatan bagi sistem multilateral.

”Krisis global yang menerpa dunia tidak hanya membawa tantangan, tapi juga sekaligus menjadi ujian bagi collective leadership kita semua. Tahun 2021 masih akan jadi tahun yang penuh tantangan dan perjuangan, tapi dunia harus lebih optimis dengan adanya penurunan laju infeksi Covid-19, pemulihan ekonomi global, dan re-engagement Amerika Serikat kepada kerja sama multilateral,” pungkasnya.

Baca Juga : Suntikan Pertama Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca Hanya Lindungi 3 Bulan

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Retno juga menyebut dua hal utama lainnya bagi Indonesia, Meksiko, Korea Selatan, Turki dan Australia untuk melanjutkan kerja sama ke depannya. Yakni dalam sektor mempromosikan multilateralisme dan memperkuat kerja sama di bidang ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

Mengingat sektor industri ekonomi kreatif jadi salah satu sektor yang paling terdampak karena pandemi Covid-19, maka negara-negara yang tergabung dalam MIKTA perlu menemukan cara untuk dapat menghidupkan kembali sektor potensial ini tanpa harus mengorbankan kesehatan masyarakat

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini