Lawan Penuaan Dini, Yuk Ikuti 7 Langkah Berikut

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 611 2355438 lawan-penuaan-dini-yuk-ikuti-7-langkah-berikut-GEwXhioKHS.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMAKIN bertambahnya usia, maka tanda-tanda penuaan dini pun akan muncul, khususnya di bagian wajah. Kerutan kecil hingga wajah kusam merupakan tanda-tandanya.

Tahukah Anda, bahwa munculnya tanda penuaan tersebut merupakan akibat gaya hidup tak sehat, serta kurang merawatnya. Dilansir dari laman Times of India, berikut ini tips untuk mencegah dan menghilangkan tanda penuaan yang muncul.

Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah bagian dari cara mencegah, serta membantu menghilangkan tanda penuaan. Makanlah buah seperti tomat, atau buah-buahan berwarna merah dan oranye lainnya.

Buah berwarna merah dan oranye mengandung likopen dan SPF untuk melindungi kulit Anda, baik dari paparan sinar matahari maupun polusi.

Awet muda

Rajin Olahraga

Selanjutnya, yaitu rajin olahraga. Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, banyak bergerak atau olahraga dapat melepaskan senyawa yang mencegah kematian sel.

Pijat

Supaya wajah lebih kencang dan terawat, maka sesekali lakukan pijatan dengan lembut. Anda juga bisa sekaligus memakai perawatan lainnya, seperti mengoleskan minyak zaitun atau olive oil, juga eksfoilasi supaya wajah tidak menjadi tegang.


Kurangi Gula

Makanan mengandung gula berlebih, akan berpengaruh terhadap kulit Anda, yakni menjadi lebih tua. Untuk itu ganti pemanis alami seperti dari buah-buahan segar, yang juga punya kandungan antioksidan. Misalnya beri hitam, alpukat dan jus hijau.

Skincare

Selain memperbanyak minum air putih, penggunaan skincare juga penting. Carilah produk perawatan wajah seperti krim siang, krim malam, serum atau sabun pencuci yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Kemudian tak lupa, Anda harus selalu membersihkan bekas make up yang masih menempel di wajah.

Yoga Wajah

Melakukan yoga wajah dengan rutin, akan membantu menjaga kekencangan kulit wajah Anda. Sehingga tidak mudah kendur dan tentunya akan nampak lebih fresh.

Tidur Cukup

Menjaga jam tidur juga hal penting agar penuaan dini tidak muncul di wajah Anda. Tidurlah selama 8 jam, karena pada waktu tersebut merupakan pertumbuhan sel baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini