Ahli Ungkap Rahasia di Balik Kenikmatan Menatap Langit Senja

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 612 2355792 ahli-ungkap-rahasia-di-balik-kenikmatan-menatap-langit-senja-UBO99TGPG2.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Sahabat senja tahu betul bagaimana indahnya langit saat matahari terbenam. Ditemani secangkir kopi dan musik indie, menyaksikan momen tersebut selalu berkesan.

Bukan hanya sahabat senja yang suka menatap langit di sore hari, tapi kebanyakan dari Anda pun punya perasaan seperti itu. Langit seperti punya magnetnya sendiri saat ditatap.

Tak hanya soal senja, tapi matahari terbit pun selalu punya ceritanya sendiri yang menarik. Makanya, tak heran objek wisata menawarkan pemandangan matahari terbit atau terbenam sebagai bagian dari kegiatan wisata.

Senja

Namun, apakah Anda tahu alasan pasti kenapa menyaksikan keindahan langit saat matahari terbit atau terbenam membuat hati senang?

Menurut Direktur Ilmu Saraf Kognitif di UCL, Sophie Scott, saat Anda di rumah saja karena pandemi, menikmati pemandangan langit seperti memberi kebahagiaan tersendiri yang dianggap cukup.

"Di rumah saya ada jendela besar dan selama pandemi ini, melihat langit adalah hal yang membuat hati bahagia," kata Sophie.

Sementara itu, Ahli Ekoterapis, Helen Edwards, menjelaskan bahwa ketika Anda meluangkan waktu untuk menatap langit, itu memunculkan rasa kagum atau perasaan takjub, bahkan untuk beberapa orang merasa seperti terhubung dengan orang lain. Dari situ juga kita dapat bersyukur karena kita adalah bagian kecil dari ekologi yang sebenarnya begitu besar.

"Melihat langit meningkatkan jangkauan sistem visual kita yang akhirnya memainkan peran imajinatif otak kita. Selain itu, ada sesuatu yang menghibur tentang keberadaan langit yang begitu indah," katanya.

Edwards melanjutkan, ada banyak cara untuk menikmati langit saat senja ataupun pagi hari yaitu biarkan diri Anda merasa penasaran dengan apa yang ada di langit. "Lihat dengan detail teksturnya, warnanya, dan sensasi yang dirasakan," sarannya.

Bahkan, tidak ada salahnya ketika Anda sedang memandang langit pikiran melayang ke 'Bagaimana langit tercipta'. "Ini mendorong visi Anda dan membawa kesenangan tersendiri," singkatnya.

Lebih lanjut, jika Anda ingin sengaja menatap langit di luar ruangan, jangan sungkan untuk mengamati sekeliling luga. Misalnya, rasakan udara di sekitar tempat Anda berbaring atau duduk, rasakan anginnya, atau sentuh pohon dan rumput. "Ini memberi pengalaman yang berbeda dan pastinya akan lebih bermakna."

Senja

Di situasi yang penuh dengan ketidakpastian seperti sekarang, sangat penting untuk menyediakan waktu untuk menyenangkan mental. Melihat langit bisa menjadi pilihan yang menarik. Terlebih di luar ruangan.

Jadi, tak ada salahnya untuk ke taman atau area rindang lainnya tentunya menggunakan masker. Lalu, pandangilah apa yang ada di langit. "Apa yang ada di atas sana itu luar biasa dan Anda akan mendapatkan sensasi berbeda," kata Edwards.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini