Mengenal Chickpea, Kacang Arab Penuh Nutrisi yang Baik untuk Tubuh

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 298 2356167 mengenal-chickpea-kacang-arab-penuh-nutrisi-yang-baik-untuk-tubuh-ahltPCXlfV.jpg Chickpea atau kacang arab memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Timolina/Freepik)

PERNAHKAH Anda mendengar penganan chickpea? Ini adalah kacang arab atau dikenal juga sebagai kacang garbanzo. Bentuknya kecil dan bulat mirip kemiri, lalu ujungnya runcing. Chickpea memiliki warna khas agak kuning.

Mengonsumsi chickpea bisa dengan cara mencampurkannya ke dalam salad atau ditumbuk sebagai campuran patty dengan paduan tepung dan kacang kedelai. Bisa juga dijadikan bubur menjadi hummus.

Baca juga: Anak Alergi Kacang? Studi Baru Ungkap Cara Ampuh Mengatasinya 

Chickpea merupakan bahan makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan karena kaya akan serat. Lalu mengandung protein berkualitas tinggi dan merupakan sumber yang baik dari asam folat, mangan, besi, tembaga, magnesium, serta molibdenum.

"Chickpea adalah sumber protein nabati, serat, antioksidan, dan banyak vitamin serta mineral. Memasukkan chickpea ke dalam pola hidup sehat dapat membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan," kata ahli nutrisi Lauren Manaker MS RDN.

Chickpea atau kacang arab. (Foto: Luis Molinero/Freepik)

Seperti dikutip dari The Healthy, Kamis (4/2/2021), berikut fakta nutrisi yang terdapat dalam kacang chickpea, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Makanan kuno

Chickpea kemungkinan besar pertama kali tumbuh di Mesopotamia pada 7.500 tahun lalu. Sebagai anggota keluarga tumbuhan berbunga, tanaman chickpea mengandung biji polong yang dapat menampung hingga tiga chickpea. Chickpea memiliki tekstur yang kuat dan rasa yang lembut seperti kacang lainnya.

Baca juga: 4 Manfaat Edamame untuk Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Kolesterol 

2. Kaya nutrisi

Chickpea mengandung protein yang baik untuk tubuh. Per satu cangkir chickpea yang dimasak mendapatkan 269 kalori, 15 gram protein, 4 gram lemak, 45 gram karbohidrat, 13 gram serat, serta berbagai vitamin dan mineral.

3. Memiliki serat yang baik

Chickpea adalah sumber serat yang sangat baik, bermanfaat mempercepat rasa kenyang, mengontrol kolesterol, dan kesehatan usus. Serat chickpea membantu kesehatan pencernaan, tidak hanya dengan membantu mengosongkan tinja, tetapi juga membuat segala sesuatunya lancar dan membantu mencegah sembelit. Makanan kaya protein dan serat seperti chickpea bisa membantu kenyang lebih lama serta mengontrol berat badan.

4. Menawarkan lemak sehat

"Chickpea mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti mendukung kesehatan jantung," kata ahli nutrisi Lauren Manaker MS RDN.

Selain itu, chickpea adalah sumber asam alfa-linolenat (ALA) nabati, sejenis asam lemak omega-3, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan dikenal sebagai "kolesterol baik". Ini dapat membantu menurunkan trigliserida serta tekanan darah jika dimasukkan ke pola makan yang sehat untuk jantung.

Baca juga: Gagahnya Kang Ha Neul Jadi Jenderal Perang dalam Where the Moon Rises

5. Mengandung banyak mineral

Legum adalah sumber folat, seng, tembaga, besi, dan mangan yang sangat baik. "Makan chickpea selama kehamilan dapat membantu (wanita) memenuhi kebutuhan folatnya, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir seperti spina bifida," kata Manaker.

Seng adalah mineral yang penting untuk perkembangan beberapa sel, dan bertugas melindungi tubuh dari racun atau zat asing yang mengancam kekebalan. Tembaga dan besi bekerja sama untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah, serta mangan berguna untuk mengontrol gula darah.

6. Cara menikmati chickpea tidak terbatas

Dengan tekstur yang hangat dan sedikit rasa pedas, chickpea dapat ditambahkan ke hampir semua makanan dengan mudah. Chickpea juga bisa dimasukkan ke smoothie atau salad.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini