Tinggi Protein, 5 Sayuran Ini Sangat Diperlukan Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 298 2356391 tinggi-protein-5-sayuran-ini-sangat-diperlukan-tubuh-ITWZtRMY1O.jpg Ilustrasi sayuran sumber protein. (Foto: Good Housekeeping)

ADA sejumlah sayuran yang ternyata memiliki kandungan protein tinggi. Ini diperlukan tubuh dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Lalu protein bisa membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh.

Sayuran yang bisa memberi minimal 2 gram protein per porsi dianggap sebagai makanan baik. Pasalnya, ini bisa menghasilkan tubuh yang sehat dan kuat.

Baca juga: Manfaat Sawi untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Kekebalan Tubuh 

Lalu apa saja sayuran yang kaya protein? Berikut ini lima di antaranya, seperti dinukil dari Times of India, Kamis (4/2/2021).

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

1. Brokoli

Satu porsi brokoli mengandung 3 gram protein dan 2 gram serat. Hal itu diperlukan tubuh yang juga membantu dalam menjaga kesehatan usus.

2. Kembang kol

Bagian terbaik dari sayuran ini adalah meningkatkan asupan protein tanpa menambah jumlah kalori. Sebanyak 100 gram kembang kol memiliki sekira 25 gram protein. Sayuran ini juga kaya kalium, kalsium, magnesium, mangan, dan zat besi.

Baca juga: Kurang Makan Buah dan Sayuran, Tubuh Bisa Alami 6 Efek Buruk Ini 

3. Bayam

Bayam mengandung protein, vitamin C, asam folat, dan vitamin B esensial. Dalam 100 gram bayam mengandung sekira 2,9 gram protein.

Telur bayam. (Foto: Freepik)

4. Kacang polong

Setengah cangkir kacang polong mengandung sekira 4 gram protein. Kacang polong juga kaya vitamin A, serat, dan kalium. Anda bisa menambahkan kacang polong ke dalam salad, pasta, sayuran, poha, nasi, dan banyak lagi makanan lainnya.

Baca juga: Jangan Dikupas, Kulit Buah dan Sayuran Ini Ternyata Bernutrisi 

5. Jagung

Jagung manis merupakan makanan yang digemari banyak orang. Sekira 100 gram jagung manis mengandung 3,2 gram protein. Sayuran ini juga kaya serat.

Jagung. (Foto: Topntp26/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini