Alergi Susu Sapi? Ini 5 Penggantinya yang Juga Kaya Nutrisi

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 298 2356702 alergi-susu-sapi-ini-5-penggantinya-yang-juga-kaya-nutrisi-tl7K23Hp8y.jpg Susu kedelai bisa jadi pengganti jika alergi susu sapi. (Foto: Jcomp/Freepik)

ALERGI susu sapi bisa dialami siapa saja. Padahal, susu sapi adalah protein berkualitas tinggi yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin B.

Susu sapi yang telah diproses dan diformulasikan biasanya tidak hanya menyediakan rasa susu sapi murni. Ada rasa cokelat, stroberi, dan lainnya ketika sudah ditambahkan perasa.

Baca juga: Minum Susu Sapi Picu Timbulnya Jerawat? 

Meskipun susu sapi merupakan sumber berbagai nutrisi yang baik, ini bisa berbahaya bagi orang-orang alergi dengan susu. Gejalanya bisa berupa masalah pencernaan, muntah, dan gatal-gatal.

Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba minuman susu alternatif. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dilansir Healthsite.

Ilustrasi susu. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1. Susu kedelai

Susu ini mengandung minyak nabati dan pengental yang meningkatkan rasa dan konsistensi. Ini mengandung asam amino esensial, juga kaya protein, lemak, dan karbohidrat. Tetapi, lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi susu ini.

2. Susu almond

Susu dengan rasa yang manis ini dibuat dari mentega almond atau kacang almond dan air. Almond mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang dianggap dapat membantu dalam penurunan berat badan. Almond juga kaya vitamin E, protein, mangan, serat, antioksidan, dan kalsium.

Baca juga: Ini 3 Pengganti Susu Sapi yang Sama Nikmatnya, Patut Dicoba 

3. Santan

Terbuat dari air dan daging buah kelapa yang putih, santan memiliki tekstur creamy dan rasa yang manis namun lembut. Santan mengandung kalori, lemak, tanpa protein, dan tanpa karbohidrat. Penelitian telah menunjukkan bahwa santan dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL.

4. Susu mete

Susu kacang mete rendah kalori, karbohidrat, dan gula, baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

5. Susu beras

Susu beras adalah pilihan lain bagi penderita alergi susu sapi. Ini dipercaya aman bagi mereka yang alergi atau intoleransi terhadap susu, gluten, kedelai, atau kacang-kacangan. Ini rendah lemak dan protein namun tinggi karbohidrat.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Susu Sapi pada Anak? 

Ilustrasi susu. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini